Tongseng Iga Sapi nan Lembut, Kombinasi Masakan Tiga Daerah

Kebanyakan tongseng dibuat dari daging kambing atau sapi. Namun di Restoran Iga Pawon, terdapat menu tongseng iga sapi spesial.

Tongseng Iga Sapi nan Lembut, Kombinasi Masakan Tiga Daerah
tribun pekanbaru
TONGSENG - Menu unggulan tongseng iga sapi menjadi ciri khas di di Restoran Iga Pawon. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kebanyakan tongseng dibuat dari daging kambing atau sapi.

Namun di Restoran Iga Pawon, terdapat menu tongseng iga sapi spesial. Daging dari iga dan kuahnya yang khas membuat masakan ini istimewa.

Menu ini ternominasi lima besar nasional dalam sebuah ajang lomba kuliner nusantara yang ditaja salah satu merk Kecap di Jakarta setahun lalu. Iga Pawon berlokasi di dua tempat.

Pertama dibuka di Kilometer 6 Jalan M Ali, Perawang, Siak dan Jalan Riau Gang H Saeran, Pekanbaru.

Daging iga sapinya begitu lembut saat digigit. Bahkan terasa nyaman dikunyah. Berpadu dengan kuah santannya yang lebih kental.

Manis dan asin di kuahnya harmoni. Lebih nikmat lagi jika ditambah perasan jeruk nipis.

Menu ini disajikan dalam mangkuk. Di dalamnya terdapat sayur kol dan tomat yang diiris. Kemudian dari atas ditaburi bawang goreng.

Menurut Hendra, si peracik masakan sekaligus pemilik Restoran Iga Pawon, menu dan masakan tongseng iga sapi spesial adalah perpaduan tiga daerah.

"Manisnya tetap Jawa, disesuaikan dengan lidah Melayu dan kuah santannya khas Minang," tutur Hendra ketika disambangi Tribun, Kamis (11/4/2019).

Rasa manis tersebut berasal tambahan kecap. Supaya manisnya tidak terlalu menonjol, level keasinannya ditambah sesuai selera Melayu.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved