Bengkalis

Bawaslu Bengkalis Riau Tertibkan APK di Masa Tenang

Bawaslu Bengkalis dibantu Satpol PP dan personil Kepolisian hari pertama masa tenang melakukan penertiban sejumlah APK

Bawaslu Bengkalis Riau Tertibkan APK di Masa Tenang
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Bawaslu Bengkalis bersama Kapolres menertibkan APK dihari pertama masa tenang, Minggu (14/4/2019). 

Bawaslu Bengkalis Riau Tertibkan APK di Masa Tenang

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Bawaslu Bengkalis dibantu Satpol PP dan personil Kepolisian hari pertama masa tenang melakukan penertiban sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) yang ada di Bengkalis.

Pada penertiban hari pertama di kota Bengkalis Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto bersama Ketua Bawaslu Bengkalis turun langsung membantu penertiban, Minggu (14/4) menjelang siang.

Penertiban dilakukan pada titik APK yang berada di sekitar jalan masuk pelabuhan Roro Bengkalis. Dimana sejumlah spanduk dan APK lainnya dilepas oleh Bawaslu Bengkalis disaksikan Kapolres Bengkalis.

Baca: LIVE BeinSport 1 Streaming Video RCTI, Liverpool Vs Chelsea, Premier League Malam Ini Jam 22.30 WIB

Komisioner Bawaslu Bengkalis Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Usman mengatakan, sebagian besar penertiban APK peserta Pemilu sebenarnya sudah dilakukan petugas Bawaslu Bengkalis sejak tadi malam.

Di antaranya kecamatan yang memulai penertiban Sabtu malam yakni kecamatan Mandau, Rupat, Rupat Utara kemudian Siak Kecil.

"Sementara di kecamatan Bengkalis dan Bantan pagi ini kita mulai lakukan penertiban. Setelah apel tadi kita langsung lakukan penertiban di kota Bengkalis," terang Usman.

Menurut dia, penertiban APK ini, seharusnya dilakukan langsung oleh para peserta Pemilu. Karena memang sudah jadi tangung jawab mereka terhadap APK yang sudah digunakannya.

"Namun pada kenyataannya berkaca dari Pemilu tahun sebelumnya, peserta Pemilu ini tidak bertangungjawab terhadap semua APK yang mereka pasang. Sehingga mau tidak mau sebagai tugas pengawas Pemilu kita tertibkan," ungkapnya.

Menurut dia, dalam penertiban ini, Bawaslu Bengkalis dibantu oleh personil Satpol PP Bengkalis. Dimana setiap kecamatan akan diperbantukan sekitar sepuluh sampai dua puluh personil.

Baca: Surat Suara DPD Sumbar Tercecer di Kampar, Ini Reaksi Ketua KPU Riau

Selain penertiban langsung APK dititik titik ditetapkan, Bawaslu Bengkalis juga melakukan patroli bersama untuk memastikan tidak ada APK yang tertinggal dalam penertiban ini.

"Nanti anggota kita melakukan patroli untuk memastikan APK yang ada sudah turun semua. Patroli dilaksanakan bersamaan dengan Patroli anti politik uang," tandasnya. (*)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved