Berita Riau

Bawaslu Riau Dibantu Satpol Tertibkan APK Pada Masa Tenang

Bawaslu Riau mulai melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) seiring memasuki masa tenang

Bawaslu Riau Dibantu Satpol Tertibkan APK Pada Masa Tenang
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Aparat Satpol PP Kota Pekanbaru menertibkan alat peraga kampanye (APK) di pinggir Jalan Sudirman Pekanbaru, Minggu (14/4/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Bawaslu Riau Dibantu Satpol Tertibkan APK Pada Masa Tenang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mulai melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) seiring memasuki masa tenang jelang hari pencoblosan Minggu (14/4).

Penertiban ini dimulai setelah menggelar apel pasukan bersama seluruh Pengawas dan ratusan personil Satpol PP baik itu dari Kota Pekanbaru maupun di Provinsi Riau.

Penertiban dilakukan secara simbolis dari kawasan Bandar Serai sebagai tempat yang dilegalkan memasang APK sebelumnya bagi Caleg dan peserta Pemilu.

Di titik ini Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan langsung memulai proses penertiban.

Baca: FOTO: Masuk Masa Tenang, APK di Pekanbaru Mulai Ditertibkan

Ketua Bawaslu sendiri didampingi langsung ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir dan seluruh Komisioner KPU dan Bawaslu di Riau dan Kota Pekanbaru.

"Kita semua pengawas disaksikan KPU hari ini kita mulai tertibkan APK mulai titik ini (bandar serai) secara simbolis dan akan dilanjutkan ke seluruh titik sampai bersih," ujar Rusidi Rusdan kepada Tribunpekanbaru.com Minggu (14/4).

Rusidi Rusdan juga mengatakan sudah intruksikan kepada seluruh Bawaslu Kabupaten dan Kota untuk menertibkan semua APK peserta pemilu baik itu Caleg maupun Presiden yang masih terpasang.

"Saya sudah Intruksikan untuk tertibkan APK. Yang jelas pada masa tenang ini tidak ada lagi poto Caleg DPD dan Presiden terpasang," ujar Rusidi Rusdan.

Rusidi Rusdan juga menambahkan seluruh APK yang berada di ruang publik menjadi sasaran, kecuali yang terpasang di rumah, karena bila terpasang di rumah sifatnya pribadi.

"Semua bergerak ke tingkat kecamatan, diharapkan segera bersih semua APK yang terpasang," ujar Rusidi Rusdan.

Baca: JADWAL Siaran Langsung Leg Kedua Semifinal Liga Champions Minggu Ini (Rabu & Kamis Dinihari)

Sementara saat ditanya soal kepedulian Caleg dan dan partai untuk menurunkan masing-masing APK mereka terutama di lokasi berbayar, menurut Rusidi Rusdan belum ada koordinasi.

"Kita hasil kordinasi belum ada yang menertibkan sendiri namun kita tidak tahu apakah mereka tidak melapor, yang jelas kami dari Bawaslu seluruh Kabupaten Kota mulai gerak hari ini," ujarnya.
(Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved