Berita Riau

DPRD Riau Bakal Cek Perizinan Perusahaan Pemilik Truk yang Diduga ODOL

DPRD Riau bakal mengecek perizinan perusahaan pemilik truk yang diduga terkategori over dimention overload atau ODOL karena merugikan warga.

DPRD Riau Bakal Cek Perizinan Perusahaan Pemilik Truk yang Diduga ODOL
Tribun Pekanbaru
Tim Penegakan Hukum Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah (Wil) IV Riau-Kepri mengamankan empat unit truk yang masuk dalam katagori Over Dimensi dan Over Loading (ODOL). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Akibat ulah perusahaan yang mengangkut cruide palm oil (CPO), kayu, kelapa sawit, batubara dan lain-lain yang tidak sesuai standar, membuat anggaran pemerintah terkuras untuk perbaikan jalan yang rusak.

"Kerusakan jalan di Riau ini tidak sebanding dengan sumbangan pajak yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan kendaraan ODOL tersebut. Jalan kita hancur karena mereka (perusahaan). Sedangkan yang lewat jalan itu kan banyak, bukan mereka (perusahaan) saja. Kalau jalanya hancur, masyarakat jadi terganggu," kata Anggota Komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar, Minggu (14/4/2019).

Seperti diketahui, beberapa bulan terakhir pemerintah mulai gencar menindak truk yang terkategori ODOL atau over dimention and overload.

Maraknya truk yang kelebihan muatan dan ukuran tersebut membuat jalan di Riau cepat rusak.

Baca: Bocah Korban Terkaman Buaya di Sungai Indragiri Ditemukan

Baca: Logistik Pemilu 2019 di Bengkalis Dititip di Kantor Camat

Sehingga banyak anggaran yang dihabiskan untuk memperbaikinya.

Bahkan nilainya, mencapai ratusan miliar rupiah.

"Kalau aturan truk ODOL ini bisa kita tegakkan, ada sekian ratus miliar bisa kita selamatkan. Anggaran itu kan bisa kita gunakan untuk yang lain. Misalnya fasilitas pendidikan, kesehatan, dan fasilitas umum lainya. Jadi tidak hanya untuk memperbaiki jalan rusak saja," katanya.

Pihaknya berharap, perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan truk ODOL tersebut harus ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bahkan pihaknya tidak hanya mengecek persoalan truk ODOL saja.

Baca: Polisi Masih Cari Suami Korban yang Tewas di Pangkalan Kuras

Namun juga akan berdampak terhadap persoalannya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved