Judo Riau Siapkan 20 Atlet untuk Kejurnas Kartika Cup 2019

Tahun ini ada enam kejurnas yang harus diikuti untuk mengumpulkan poin, agar atlet judo Riau lolos ke PON 2020 di Papua.

Judo Riau Siapkan 20 Atlet untuk Kejurnas Kartika Cup 2019
antara
Judo Riau menyiapkan 20 atlet untuk mengikuti enam kejurnas yang digelar tahun ini, untuk mengumpulkan poin yang dibutuhkan agar lolos ke PON Papua. 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Riau sudah memastikan akan tampil pada Kejurnas Judo Kartika Cup 2019. Meski belum ditetapkan jadwal pasti kejuaraan ini, namun jajaran pelatih sudah menyiapkan para atlet yang akan dibawa.

Informasi terakhir yang diterima dari PJSI Riau, Kejurnas Kartika Cup 2019 ini akan digelar usai Pemilu 17 April nanti.

"Persoalannya mengenai tuan rumah. Informasi terakhir ada beberapa daerah yang ingin jadi tuan rumah. Terakhir Yogyakarta katanya siap jadi tuan rumah. Makanya, kita tunggu keputusan PB PJSI tentang Kejurnas Kartika Cup ini," kata pelatih judo Riau, Margas Chan, Minggu (14/4).

Dijelaskan, jadwal pelaksanaan Kejurnas Kartika Cup ini adalah pada akhir April atau paling lambat awal Mei mendatang. Meski demikian, PJSI Riau tidak berpengaruh terkait jadwal ini. Sebab atlet-atlet yang akan diturunkan merupakan atlet hasil seleksi dari beberapa kejuaraan terakhir. Termasuk Kejurnas Judo di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Jumlah atlet kita untuk persiapan PON di Papua nanti kan 20 atlet. Tapi ada atlet cadangan 5 orang. Inilah nanti yang akan kita turunkan di berbagai kejuaraan tahun ini, yang menjadi ajang kualifikasi tiket PON," paparnya.

Saat ini, 20 atlet judo Riau yang disiapkan untuk PON tersebut terus berlatih di Sport Centre Rumbai, Pekanbaru. Dari 6 kejuaraan yang dirilis PB PJSI, event pertama yang harus diikuti yakni Kejurnas senior dan junior di Jakarta pada 22 Februari lalu. Hasilnya, judo Riau berhasil meraih medali emas.

Seperti diketahui, cabor judo merupakan cabor yang tidak melaksanakan Pra PON atau Porwil. Namun judo menggelar serangkaian kejurnas, dan dari kejurnas itu atlet mengumpulkan poin untuk lolos ke PON di Papua mendatang.

Makanya, setiap daerah di Indonesia yang memiliki PJSI, wajib mengikuti kejurnas setiap tahunnya. Jika tidak, maka atlet bisa ketinggalan banyak poin dari daerah lain.

Mengenai target atlet yang lolos ke PON, Margas menyampaikan bahwa jajaran pelatih Judo Riau, sudah mematok target meloloskan 10 atlet ke PON di Papua tahun 2020 mendatang. Target tersebut tentunya tidak asal, namun sesuai potensi dan kekuatan atlet yang disiapkan saat ini.

"10 atlet yang ditargetkan lolos tersebut, tentunya dari persiapan 20 atlet yang ada saat ini. Mereka ini wajib mengikuti semua kejuaraan yang digelar tahun ini oleh PB PJSI, yakni 6 kejuaraan. Kejuaraan terdekat yang harus kita ikuti adalah Kartika Cup. Kita harapkan KONI mendukung penuh," katanya. (saf)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved