Berita Riau

Solusi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar, Manggala Agni Kenalkan Cuka Kayu ke Petani

Melarang tanpa memberi solusi bukanlah hal yang bijak, karena tidak mudah mengganti kebiasaan yang telah ditularkan secara turun-temurun.

Solusi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar, Manggala Agni Kenalkan Cuka Kayu ke Petani
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kepala Regu Manggala Agni Daops Rengat, Andrean (kanan) sedang membuat cuka kayu di Markas Manggala Agni Daops Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu belum lama ini. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Solusi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar, Manggala Agni Kenalkan Cuka Kayu ke Petani

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejak pertama kali Manggala Agni didirikan tahun 2002 lalu, tugas utama brigade berlambang orangutan bertopi ini adalah fokus melakukan pencegahan.

Di antaranya bagaimana mengubah pola pikir masyarakat agar jangan mengambil bagian dalam memulai kebakaran hutan dan lahan.

Berbagai pendekatan terus dilakukan, namun melarang tanpa memberi solusi bukanlah hal yang bijak, karena tidak mudah mengganti kebiasaan yang telah ditularkan secara turun-temurun.

Hal ini disampaikan seorang Kepa Regu I Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Rengat, Andrean kepada Tribun Pekanbaru, Kamis (11/4/2019) lalu.

Baca: BREAKING NEWS Hasil Singapura Open 2019: Ginting Kalah, Indonesia Puasa Gelar, Jepang Mendominasi!

Menurutnya, saat melakukan sosialisasi, ia bersama timnya tidak langsung berbicara soal kebakaran dan dampak lingkungannya.

"Kami tidak masuk dengan pakaian dinas. Pelan-pelan kami cari potensi yang ada di desa, seperti aktifitas apa yang dilakukan di sana, bagaimana cara mereka menanam, tanaman apa saja, pupuk apa yang biasa digunakan, apakah kompos atau yang lain. Setelah melakukan riset, baru kami lakukan edukasi," kata Andrean saat ditemui di Markas Manggala Agni Daops Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Seiring waktu, muncullah ide untuk memperkenalkan cuka kayu atau asap cair sebagai solusi pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB) dikawasan itu.

"Alat pembuatan cuka kayu ini dipelajari dari Institut Pertanian Bogor. Ini adalah terobosan Manggala Agni Daops Rengat untuk mengubah pola pikir masyarakat, dan Alhamdulillah kita berhasil tanpa ada paksaan dan penolakan," ujar Andrean.

Diceritakannya, kegiatan membuat cuka kayu bisa mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Baca: Hasil Singapore Open 2019, Ahsan/Hendra Ditekuk Wakil Jepang

Halaman
1234
Penulis: TheoRizky
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved