Siak

Tidak Ada Jalan Darat, Logistik Pemilu 2019 ke Teluk Lanus Siak Riau Diangkut dengan Speedboat

KPU Siak mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke kecamatan, sejak Sabtu pagi.

Tidak Ada Jalan Darat, Logistik Pemilu 2019 ke Teluk Lanus Siak Riau Diangkut dengan Speedboat
Istimewa
Asisten I Setdakab Siak L Budhi Yuwono menggunting pita tanda pelepasan pemberangkatan logistik Pemilu 2019, Sabtu (13/4/2019) di KPU Siak. 

Tidak Ada Jalan Darat, Logistik Pemilu 2019 ke Teluk Lanus Siak Riau Diangkut dengan Speedboat

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - KPU Siak mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke kecamatan, sejak Sabtu (13/4/2019) pagi. Pihaknya mengutamakan pendistribusian ini ke kecamatan-kecamatan terjauh.

Pada gelombang pertama, pihaknya mendistribusikan 5 kecamatan yang lokasinya jauh, yakni ecamatan Kandis, Minas, Tualang, Sungai Apit dan Sungai Mandau. Hari ini, Minggu (14/4/2019) logistik sudah dikirim ke masing-masing kampung. H-1 semua logistik sudah tiba di masing-masing TPS.

Di kabupaten Siak ada kampung yang tidak bisa ditempuh jalan darat. Kampung itu bernama Teluk Lanus, bagian dari kecamatan Sungai Apit. Hingga kini belum terbentang jalan darat dari Sungai Apit ke Teluk Lanus.

"Logistik ke sana kita bawa menggunakan speedboat. Untuk teknis pengangkutan sudah ok, hari ini (Minggu) sudah menunu Teluk Lanus," Kata Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal.

Baca: Memasuki Masa Tenang, Sentra Gakkumdu Bengkalis Riau Gelar Apel Patroli Anti Politik Uang

Pendistribusian logistik Pemilu ke daerah itu juga dipantau oleh pihak Bawaslu dan aparat keamanan. Sebab, pihaknya dengan Bawaslu dan TNI/Polri sudah membahas pola pendistribusian logistik itu ke daerah terisolasi seperti Teluk Lanus.

"Mudah-mudahan tidak ada masalah, sampai hari ini masih aman-aman saja, tanpa ada kendala," kata dia.

Selain Teluk Lanus, kampung Penyengat di kecamatan Sungai Apit juga menjadi kampung terjauh. Namun, menuju kampung itu masih bisa dilewati melalui jalan darat meskipun jalannya hancur.

Sementara untuk gelombang kedua, dikirimkan hari ini, Minggu (14/4/2019). Logistik dikirimkan ke lecamatan Siak, Mempura, Sabak Auh, Koto Gasib, Dayun, Pusako, Kerinci Kanan dan Bungaraya.

Kelengkapan logistik yang akan dikirim seperti, kotak suara, bilik suara, surat suara, formulir, tinta, alat coblos, bantalan coblos dan logistik lainnya yang berhubungan dengan hari pemungutan dan perhitungan suara. Seluruh kelengkapan logistik tersebut, dimasukkan ke dalam kotak suara, kemudian diegel dan dilapis dengan plastik agar bisa melindungi selama dalam perjalanan.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved