Rokan Hulu

Kecamatan Kabun Raih Juara Umum MTQ XIX Kabupaten Rohul Tahun 2019

Kecamatan Kabun meraih juara umum dan berhak menerima piala bergilir pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rohul.

Kecamatan Kabun Raih Juara Umum MTQ XIX Kabupaten Rohul Tahun 2019
istimewa
Sekda Rohul Abdul Haris menyerahkan piala bergilir kepada Kecamatan Kabun sebagai juara umum (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rohul, Minggu malam (14/4/2019). 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H Abdul Haris mewakili Bupati Sukiman resmi menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rohul, Minggu malam (14/4/2019).

Atraksi kembang api meramaikan acara penutupan yang dipusatkan di astaka MTQ Riau Lapangan Pematang Baih.

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim MTQ, Kafilah Kecamatan Kabun meraih juara umum dan berhak menerima piala bergilir.

Sedangkan juara bertahan, Kecamatan Rambah harus puas berada di urutan kedua, disusul Ujung Batu di urutan ketiga.

Ketua Umum Panitia MTQ XIX, Muhammad Ruslan mengungkapkan, pemenang akan menjadi duta Rohul pada MTQ ke-38 Provinsi Riau di Bangkinang Kampar, Oktober 2019 mendatang.

Sekda Abdul Haris mengungkapkan, dari pelaksanaan MTQ ada banyak hikmah bisa diambil.

Selain prestasi yang telah diperoleh oleh beberapa kecamatan, banyak muncul bibit baru qori dan qoriah asal Rohul.

"Hari ini kita melihat munculnya bibit-bibit baru. Nanti untuk juara 1, 2 dan 3 akan kita coba lagi membinanya untuk nanti menjadi utusan di tingkat provinsi," terangnya.

Ditambahkannya, dampak MTQ XIX selama sepekan berimbas terhadap berkembangnya perekonomian masyarakat sekitar tempat kegiatan.

"Kita melihat selama delapan malam kegiatan di sini luar biasa penuh. Ini merupakan satu rahmat juga bagi masyarakat di sekitar tempat kegiatan," jelasnya.

Melalui MTQ, menurut Sekda, juga terjalinnya hubungan silaturahmi antara masyarakat dari 16 kecamatan.

"Kita harapkan dari hasil kegiatan selama sepekan ini, akan muncul kesatuan persatuan masyarakat terutama yang menekuni bidang Alquran ini. Tentu akan bersama-sama memajukan cabang-cabang Tilawatil Quran yang ada untuk bisa diandalkan Kabupaten Rohul ke depan," paparnya.

"Kita punya waktu, masih ada sekitar 4 sampai 5 bulan dari sekarang sampai nanti Oktober pelaksanaan di Kabupaten Kampar," tambahnya.

Menurutnya, sudah saatnya Kabupaten Rohul mengulang kejayaan. Pada 2013, Kafilah Rohul pernah menerima piala tetap MTQ tingkat Provinsi Riau, setelah tiga tahun berturut-turut meraih juara umum.

"Namun tentu hari ini tingkat persaingan di seluruh kabupaten juga semakin bagus, karena masing-masing kabupaten ingin maju. Kita tetap berharap nanti setidak-tidaknya untuk perhelatan MTQ tingkat provinsi kita memperoleh lima besar," pungkas Sekda Abdul Haris. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved