Liga Inggris

Suporter Tak Bersalah, Mengenang Tewasnya 96 Suporter The Reds di Tragedi Hillsborough 30 Tahun Lalu

Insiden tersebut telah menewaskan 96 orang suporter saat semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest 15 April 1989

Suporter Tak Bersalah, Mengenang Tewasnya 96 Suporter The Reds di Tragedi Hillsborough 30 Tahun Lalu
foxsport.co.id
Penonton di stadion Anfield Liverpool mengenang tragedi 30 tahun lalu yang menewaskan 96 fans The Reds 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Sebelum laga antara Liverpool vs Chelsea dimulai, Minggu (14/4/2019) waktu setempat di stadion Anfield, kedua tim  mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang sehari sebelum peringatan 30 tahun tragedi Hillsborough.

Insiden tersebut sebagaimana kita ketahui telah menewaskan 96 orang suporter liverpool saat semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest pada 15 April 1989.

Dilansir dari Kompas.com, perjuangan suporter Liverpool untuk menuntut keadilan terkait Tragedi Hillsborough yang terjadi pada semifinal Piala FA 1988-1989 akhirnya berbuah positif.

Tragedi yang terjadi pada 15 April 1989 itu telah menyebabkan 96 suporter meninggal dunia.

Baca: Mo Salah Dipuja dan Juga Dicela, 5 Fakta Menarik dari Liverpool Vs Chelsea

Sejak saat itu, pihak Pemerintah Inggris menuding suporter menjadi penyebab tragedi kelam dalam sejarah Piala FA.

Tudingan tersebut membuat suporter kecewa. Mereka pun menuntut keadilan. Namun, baru dalam dua tahun terakhir, tuntutan mereka mendapatkan respons positif.

Tahun 2016 lalu, Pemerintah Inggris telah meminta maaf terkait Tragedi Hillsborough. Puncaknya terjadi pada Selasa (26/4/2016). Hakim pengadilan memutuskan suporter tidak bermasalah dalam tragedi tersebut.

Sebelumnya, menyinggung penyebab tragedi Hillsborough itu, seperti dilansir BBC, salah seorang polisi senior Marseyside sempat mengatakan bahwa Perdana Menteri Inggris, Margareth Thatcher, menyalahkan sejumlah pendukung Liverpool yang mabuk atas tragedi tersebut.

Baca: Hasil Liga Inggris, Liverpool Vs Chelsea 2-0, Mane dan Salah Kembalikan The Reds ke Puncak

Sejumlah keluarga korban sebelumnya beberapa kali menuntut agar pemerintah Inggris mengungkap penyebab tragedi tersebut.

Sejauh ini, peristiwa itu dinilai terjadi karena faktor penonton yang melebihi kapasitas Stadion Hillsborough, Shiefflied.

Halaman
12
Penulis: CandraDani
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved