Bayarkan Klaim Hingga Rp1,1 T, BPJS Kesehatan Dumai Sebut Sudah Lunasi Utang ke Rumah Sakit

BPJS Kesehatan cabang Dumai menyebut sudah menggelontorkan dana Rp29 miliar kepada seluruh rumah sakit dan unit kesehatan di Dumai.

Bayarkan Klaim Hingga Rp1,1 T, BPJS Kesehatan Dumai Sebut Sudah Lunasi Utang ke Rumah Sakit
tribun pekanbaru
Kepala BPJS Kesehatan Dumai, Nora Duita Manurung, menerangkan pihaknya sudah membayarkan klaim utang kepada rumah sakit. 

tribunpekanbaru.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelontorkan dana hingga Rp11 trilun, guna pembayaran utang klaim yang telah jatuh tempo kepada rumah sakit.

Di Dumai, BPJS Kesehatan cabang Dumai membayarkan kewajiban serupa hingga Rp29 miliar kepada seluruh rumah sakit dan unit kesehatan di Kota Dumai.

Disampaikan Kepala BPJS Kesehatan cabang Dumai, Nora Duita Manurung, pada Selasa (16/4), pihaknya melakukan pembayaran dengan mekanisme first in first out. "Siapa yang sudah mengajukan klaim dan lolos verifikasi, kita bayarkan ke masing-masing unit kesehatan," katanya.

Menurutnya, rumah sakit yang lebih dulu mengajukan berkas secara lengkap, maka akan dilakukan transaksi pembayaran lebih dulu. Upaya ini sukses dilakukan berkat dukungan dari Kemenkeu RI dan Kemenkes RI.

Selain pembayaran utang klaim, BPJS juga melakukan pembayaran sebesar Rp1,1 triliun dalam bentuk dana kapitasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Dia menerangkan, pihaknya selalu melakukan pembayaran dana kapitasi untuk FKTP setiap tanggal 15 di setiap bulannya.

"Biasanya mitra perbankan kita menjalankan transaksi pembayaran kapitasi dulu. Namun kami selalu memastikan agar klaim pembayaran lainnya segera dilaksanakan," sebut dia.

Dilanjutkan dia, setelah pembayaran utang klaim dan sebagainya, pihak fasilitas kesehatan melaksanakan kewajibannya sesuai dengan tertuang dalam regulasi berlaku. "Kami selalu berkoordinasi dengan faskes melayani peserta JKN-KIS agar mendapatkan pelayanan yang baik tanpa perbedaan, sebagaimana diatur oleh pemerintah," tambah Nora.

Kantor BPJS Kesehatan cabang Dumai membawahi Kabupaten Bengkalis, Siak, Meranti, dan Rohil, memilili 16 FKTP dan 13 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Seluruh beban klaim dan kapitasi telah dibayarkan kewajibannya oleh BPJS Kesehatan cabang Dumai.

"Total pembayarannya sepanjang April 2019 ini mencapai angka Rp37.841.138.806 dan sudah kita bayarkan," tuturnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved