Siak

BAZNas Siak Targetkan Zakat 2019 Rp 2,1 Miliar, Segera Luncurkan Gemar Berzakat

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Siak menargetkan perolehan dana zakat pada 2019 ini sebesar Rp 2,1 miliar.

BAZNas Siak Targetkan Zakat 2019 Rp 2,1 Miliar, Segera Luncurkan Gemar Berzakat
Istimewa
Bupati Siak Alfedri didampingi ketua BAZNas Siak Abdul Rasyid Suharto menyerahkan zakat konsumtif kepada masyarakat beberapa waktu lalu. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Siak menargetkan perolehan dana zakat pada 2019 ini sebesar Rp 2,1 miliar. Untuk mencapai itu BAZNas bakal meluncurkan Gerakan Masyarakat (Gemar) Berzakat.

"Kita sudah susun rencana peluncuran Gemar Berzakat untuk mencapai target itu. Kita sudah rapatkan bersama camat dan seluruh ketua UPZ (Unit Pengumpul Zakat)," kata Ketua BAZNas Siak Abdul Rasyid Soeharto, Selasa (16/4/2019).

Pihaknya juga mengkoordinasikan metodologi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar membayar zakat. Pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Siak untuk memaksimalkan peran muballigh dalam menyosialisasikan kewajiban zakat.

Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan media luar ruang seperti billboard dan spanduk, serta melalui siaran radio pemerintah daerah untuk menyampaikan ajakan membayar zakat.

"Kami juga meminta bantuan para camat dan UPZ agar mendata keseluruhan potensi zakat di
wilayahnya masing-masing," sebutnya.

Agar gerakan sosialisasi itu massif, Rasyid juga mengatakan seperti di tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Siak dan BAZNas juga akan kembali melaksanakan Gerakan Masyarakat (Gemar) Berzakat 2019.

"Kegiatan Gemar Berzakat untuk yang ke-6 kalinya, Insya Allah akan dilaksanakan pada minggu kedua di bulan Ramadan, bertepatan dengan kegiatan safari Ramadan Pemkab Siak," jelasnya.

Bupati Siak Alfedri mendukung pelaksanaan kegiatan Gemar Berzakat 2019 ini. Sebab, sebelumnya Gemar Berzakat sangat berpengaruh untuk peningkatan dana zakat.

"Pemkab Siak komit mendukung Gemar Siak Berzakat yang rutin dilaksanakan oleh BAZNas Siak setiap tahunnya. Alhamdulillah sejak mulai dilaksanakan pada tahun 2014 lalu, pengumpulan Zakat melalui kegiatan Gemar Berzakat terus meningkat," kata Alfedri. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved