Ganti Kotak Suara Rusak, KPU Inhil Pakai Kotak Suara Lama dari Alumunium

Sejumlah kotak suara kardus di Inhil mengalami rusak saat pengiriman, seperti jatuh ke laut atau terkena hujan.

Ganti Kotak Suara Rusak, KPU Inhil Pakai Kotak Suara Lama dari Alumunium
tribun pekanbaru
Kotak suara yang rusak di Kecamatan Concong, Kabupaten Inhil. KPU Inhil menyebut, kotak suara rusak bisa diganti dengan kotak suara lama yang dari alumunium.

tribunpekanbaru.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hilir (Inhil) membenarkan adanya kotak suara yang rusak saat pendistribusian di beberapa Kecamatan, antara lain di Kecamatan Concong, Pelangiran, Gaung Anak Serka (GAS), Reteh, dan Kemuning.

Namun secara umum, hanya kotak suara saja yang rusak, sedangkan isinya masih aman sehingga masih bisa digunakan.

Ketua KPU Inhil, Herdian Azmi menuturkan, rusaknya itu mungkin terjadi di kapal karena tumpukannya terlalu banyak hingga bebannya berat. Penyebab lainnya, karena kondisi hujan seperti di Pelangiran, yang kemudian merembes ke dalam plastik pembungkus.

“Tapi secara umum cuma kotaknya saja yang rusak, dalamnya aman. Kecuali kotak suara yang jatuh ke laut di GAS, ada penggantian C1,” ujar Herdian, Selasa (16/4).

Meskipun belum mengetahui jumlah pasti berapa kotak suara yang rusak, namun KPU Inhil telah mengatasi persoalan tersebut dengan mengganti kotak suara yang rusak, dengan kotak suara kosong milik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Logistik yang rusak belum dihimpun semua, jadi tidak tahu pasti, kan tersebar. Sudah ditangani kawan–kawan PPK, sesuai dengan prosedur sudah kita kondisikan, artinya itu tidak ada permasalahan. Jadi pas ngirim itu ada kotak kosong untuk PPK-nya, itu yang kita pakai dulu,” tuturnya.

Sementara untuk kotak suara milik PPK, akan segera dikirimkan atau bisa menggunakan kotak suara lama yang terbuat dari alumunium.

“Tinggal lagi kita kirim untuk PPK-nya, penggantiannya pun disaksikan Panwas dan pihak terkait lainnya. Sekitar satu dua lah, masih bisa ditutupi dengan kotak kosong PPK. Ada juga kekurangan di PPK, bisa menggunakan kotak lama yang alumunium dan itu ada edaran dari KPU."

"Begitu juga beberapa bilik suara, tidak semuanya dari kardus, karena untuk bilik boleh juga digunakan bilik yang lama,” tambahnya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved