Berita Riau

Kisah Sedih Sipongi, Orangutan yang Jadi Sumber Semangat Brigade Manggala Agni

Siapa sangka, maskot Manggala Agni dengan gambar orangutan bertopi yang terlihat ramah itu ternyata menyimpan sejarah sedih di baliknya.

Kisah Sedih Sipongi, Orangutan yang Jadi Sumber Semangat Brigade Manggala Agni
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Petugas Manggala Agni Daops Rengat bersama anggota masyarakat peduli api (MPA) bersiap-siap melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Rawa Bangun, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (10/4/2019) lalu. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

Kisah Sedih Sipongi, Orangutan yang Jadi Sumber Semangat Brigade Manggala Agni

TRIBUNPEKANBARU.COM, INDRAGIRI HULU - Logo orangutan bertopi memang identik dengan Brigade Manggala Agni, namun siapa sangka, maskot yang terlihat ramah itu ternyata menyimpan sejarah sedih di baliknya.

Kisah yang menjadi jiwa dan sumber semangat para anggotanya untuk selalu menjadi garda terdepan dalam tindakan pencegahan, pemadaman dan pananganan pasca kebakaran hutan dan lahan.

Sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa sansekerta, Manggala Agni yaitu Panglima Api.

“Tak kenal maka tak sayang, karena itu tak ada salahnya saya menceritakan sedikit soal Mangga Agni, biar kita tahu,” berikut ucapan Kepala Regu I Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Rengat, Andrean (29) kepada Tribunpekanbaru.com saat ditemui di Markas Mangga Agni Daops Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Rabu (10/4/2019).

Diceritakan Andrean, kisahnya bermula pada tahun 1998 lalu.

Baca: FOTO: Cegah Kebakaran Lahan, Manggala Agni Daops Rengat Rutin Gelar Sosialisasi

Saat itu terjadi kebakaran hutan hebat di pedalaman Borneo Kalimantan Barat, daerah itu dikenal dengan Amazon nya Indonesia.

“Di sana adalah habitat orangutan terbesar di Indonesia. Dalam kebakaran itu, terkepunglah sekelompok orangutan, tak jauh dari lokasi juga ada pemukiman. Beberapa warga menyaksikan kejadian, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa saking besarnya kebakaran,” ujarnya.

Dari dalam lokasi kebakaran itu, ternyata ada satu ekor iduk betina yang berhasil keluar dari kepungan api.

Orangutan itu berhenti sejenak seolah-olah sedang merenung, berpikir apa yang akan dilakukannya kemudian sambil menatap kobaran api,

Halaman
123
Penulis: TheoRizky
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved