KPU Tidak Sediakan TPS Khusus di Rumah Sakit, Pasien Terancam Tak Bisa Memilih

KPU Riau tidak menyediakan TPS di rumah sakit. Ini berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya, yang selalu menyediakan TPS khusus untuk rumah sakit.

KPU Tidak Sediakan TPS Khusus di Rumah Sakit, Pasien Terancam Tak Bisa Memilih
ist
Logo KPU 

tribunpekanbaru.com - Pada Pemilu tahun 2019 ini dipastikan tidak ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) di rumah sakit, untuk mengakomodir suara pemilih yang sedang menjalani perawatan. Dengan kondisi ini, suara pasien di RS terancam tidak tersalurkan pada Pemilu kali ini.

"Kalau untuk TPS tidak ada yang di rumah sakit," ujar Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir kepada Tribun, Selasa (16/4).

Menurut Ilham, pasien yang berhak untuk memilih di rumah sakit dengan didatangi petugas KPPS, adalah pasien yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan alamat di KTP elektroniknya tidak jauh dari rumah sakit.

"Kalau dia dirawat, petugas TPS terdekat yang akan datang. Tapi pasien harus warga yang tinggal di daerah yang sama, misalnya warga Pekanbaru bisa didatangi petugas setempat," ujar Ilham.

Sedangkan bagi warga kabupaten dan kota di luar Pekanbaru yang sedang dirawat di rumah sakit di Pekanbaru, maka hak pilihnya terancam tidak bisa disalurkan, kecuali sebelumnya sudah didaftarkan pindah memilih di KPU.

"Kalau dari luar daerah tidak bisa sampaikan suara di Pekanbaru, karena alamat di KTP elektronik beda. Harus memilih sesuai alamat di KTP-nya," ujar Ilham.

Berbeda dengan rumah sakit, di beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Riau malah ada TPS untuk daftar pemilih khusus. (uha)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved