Tim Patroli Politik Uang Bawaslu Temukan Bahan Kampanye di Tiga Mobil di Bangkinang

Bahan kampanye tersebut ditemukan di masa tenang, di antaranya kalender, kartu nama, dan contoh surat suara.

Tim Patroli Politik Uang Bawaslu Temukan Bahan Kampanye di Tiga Mobil di Bangkinang
Tribun Pekanbaru/Guruh Budi Wibowo
Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, menemukan bahan kampanye saat melakukan razia politik uang di Bangkinang, Kampar, Senin (15/4) malam lalu. 

tribunpekanbaru.com - Tim patroli politik uang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau, mengamankan bahan kampanye di dalam tiga unit minibus, saat menggelar patroli dan razia politik uang pada Senin (15/4) malam lalu sekitar pukul 22.00 WIB di Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Bahan kampanye tersebut ditemukan oleh tim gabungan bersama Polres Kampar dan Batalyon 132 Salo, yang dipimpin Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan.

Rusidi saat dikonfirmasi melalui selulernya, Selasa (16/4) mengatakan, bahan kampanye tersebut berasal dari tiga parpol. Namun Rusidi masih enggan menyebutkan nama ketiga parpol tersebut untuk meredam isu hoak.

"Ada tiga parpol, saya tak ingin sebut nama parpolnya," ujar Rusidi Rusdan yang mengaku masih berada di Bangkinang untuk melanjutkan pengawasan politik uang di sana.

Rusidi menejelaskan, bahan kampanye yang ditemukan tersebut berupa kartu nama, contoh surat suara, dan kalender beberapa caleg untuk DPRD Provinsi Riau Dapil Kampar, dan Caleg DPRD Kabupaten Kampar Dapil 1. Tidak ada uang dalam amplop atau sembako yang ditemukan di dalam ketiga mobil tersebut.

"Hanya bahan kampanye saja yang kami temukan," ujarnya.

Menurut Rusidi, berdasarkan pengakuan supir ketiga unit minibus tersebut, bahan kampanye tersebut merupakan sisa kampanye beberapa waktu lalu yang belum sempat mereka buang atau dibagikan kepada warga. Ketiga supir tersebut juga sukarela menyerahkan bahan kampanye tersebut kepada tim patroli. Lagipula sudah memasuki masa tenang dan tidak diizinkan lagi berkampanye.

"Ketiga supir tersebut menyerahkan bahan kampanye tersebut ke kami dengan sukarela. Kata mereka itu adalah bahan kampanye sisa saat masa kampanye kemarin," ujarnya. (gbw)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved