KPU Sayangkan Foto di Bilik suara Tersebar. Seharusnya Pidana

Pelaksanaan Pemilu serentak yang digelar Rabu (17/4/2019) di Provinsi Riau ternyata masih banyak kekurangan

KPU Sayangkan Foto di Bilik suara Tersebar. Seharusnya Pidana
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Gubernur Riau Syamsuar bersama Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) menijau TPS 03 Kelurahan Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota, Pekanbaru, Rabu (17/3/2019). Kegiatan terserbut dilakukan untuk memantau kelancaran Pemilu 2019. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Pelaksanaan Pemilu serentak yang digelar Rabu (17/4/2019) di Provinsi Riau ternyata masih banyak kekurangan, termasuk pelanggaran aturan saat pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di antaranya masih ada masyarakat bawa kamera Hp masuk ke bilik suara.

Bahkan ada juga beberapa oknum masyarakat yang mengambil poto surat suara yang dicoblosnya. Ini terlihat saat pantauan Tribun di beberapa TPS di Kecamatan Tenayanraya.

"Nggak dilarang kok masuk TPS, tidak disita tadi," ujar seorang warga kepada Tribun di TPS 1 Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Tenayanraya.

Petugas KPPS di salah satu TPS di Kecamatan Tenayanraya saat dikonfirmasi mengakui memang tidak ada penyitaan kamera hp, namun selalu Diingatkan.

"Disita tidak cuma kalau mengeluarkan Hp di bilik suara langsung ditegur petugas kami," ujar Ahmad seorang anggota KPPS di Kelurahan Pematang Kapau.

Komisioner KPU Riau Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi, Nugroho Noto Susanto mengatakan membawa kamera dan mengambil poto di bilik suara bisa pidana, dan harusnya ada upaya preventif dari petugas di TPS tersebut.

"Tidak boleh bawa kamera ke TPS, itu bisa pelanggaran, harusnya ada larangan atau upaya preventif," jelas Nugroho Noto Susanto.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan semua petugas KPPS untuk taat aturan karena bisa saja nanti pertanggungjawaban diminta kepada petugas di lapangan.

"Kita kasihan nanti pada saat ada masalah petugas di lapangan yang terkena," tegasnya.(*)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved