Prioritaskan Tarung Derajat, Dispora Akan Undang Pengurus Kodrat Bahas Popnas

Dispora Riau akan mengundang pengurus Kodrat Riau untuk membahas keikutsertaan cabor tarung derajat di Popnas Papua 2019.

Prioritaskan Tarung Derajat, Dispora Akan Undang Pengurus Kodrat Bahas Popnas
antara
Dispora Riau akan memprioritaskan membawa tarung derajat ke Popnas di Papua, karena dinilai berpeluang meraih medali emas. 

tribunpekanbaru.com - Kepastian cabor tarung derajat ikut perhelatan Popnas XV di Papua pada Oktober mendatang, sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Sebab selain ketersediaan anggaran, juga perlu dipastikan potensi dan peluang dalam meraih medali.

Kepala Dispora Riau, Doni Aprialdi, Rabu (17/4) mengatakan, hingga kini pihaknya belum bisa mengundang pengurus tarung derajat, karena masih banyak agenda lain. Namun dia memastikan akan berkoordinasi dengan Pengprov Kodrat Riau dalam waktu dekat.

"Kita kan ada beberapa agenda penting yang harus diselesaikan. Tapi untuk pemanggilan tarung derajat ini juga termasuk yang kita prioritaskan. Insya Allah secepatnya," kata Doni kepada Tribun.

Ngototnya Dispora Riau mengikutkan cabor tarung derajat pada Popnas nanti, karena melihat track record prestasi cabang ini sangat meyakinkan. Tidak hanya di kelas senior, tapi juga di kelas pelajar, beberapa atletnya sukses meraih medali emas di berbagai kejuaraan di Indonesia.

Karena latar belakang itulah, Dispora Riau ingin mengirim cabor ini ke Papua. "Memang di PPLP Dispora Riau cabor ini tidak masuk. Setelah kita analisa, dari 20 cabor yang ditandingkan di Popnas Papua, tarung derajat yang kita nilai berpeluang besar menambah medali Riau pada Popnas nanti," tambah Doni.

Lebih dari itu, tarung derajat bisa ikut membantu merealisasikan target Riau mempertahankan peringkat lima nasional. Bahkan Doni menginginkan Riau mampu mengalahkan pronvisi asal Pulau Jawa untuk masuk posisi empat besar nasional.

"Makanya kita siapkan matang. Termasuk nanti akan melaporkan hal ini ke Pak Gubernur, agar mendapat dukungan penuh anggaran," terang mantan Kepala UPT Pelatihan Dispora Riau ini.

Hingga saat ini, Dispora Riau baru bisa memastikan akan mengirim 16 cabor ke Popnas Papua. Ke-16 cabor itu adalah angkat besi, atletik, basket, voli indoor, bulutangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, silat, renang, takraw, sepakbola, taekwondo, tinju, dan tenis meja.

Sementara jumlah cabor yang ditandingkan adalah 20. Riau akan absen di tiga cabor yakni tenis lapangan, voli pasir, dan sepakbola (tak lolos kualifikasi di Popwil). Sedangkan tarung derajat akan diusahakan ikut Popnas. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved