Surat Suara Presiden di TPS 07 Sempat Kurang, Warga Tolak Lanjutkan Pencoblosan

Surat suara untuk pemilihan presiden sempat kurang di TPS 07 Tanjung Harapan, Sungai Beringin, Inhil. Warga pun sempat menolak melanjutkan pencoblosan

Surat Suara Presiden di TPS 07 Sempat Kurang, Warga Tolak Lanjutkan Pencoblosan
tribun pekanbaru
Masyarakat menunggu kedatangan surat suara pilpres yang kurang di TPS 07 Jalan Tanjung Harapan, Kelurahan Sungai Beringin, Inhil. Pemilihan terpaksa terhenti akibat kekurangan surat suara pilpres, Rabu (17/4). 

tribunpekanbaru.com - Pemungutan suara di TPS 07 Jalan Tanjung Harapan Kelurahan Sungai Beringin, Kabupaten Inhil, terpaksa terhenti akibat kekurangan surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres), Rabu (17/4).

Setelah dilakukan pencoblosan beberapa jam, namun surat suara khusus presiden yang tersedia dinyatakan habis di tengah pencoblosan.

Jumlah DPT di TPS 07 ini sebanyak 297, untuk jumlah surat suara seharusnya 303 dari akumulasi 297 DPT ditambah 6 surat suara cadangan. Sementara surat suara Pilpres yang tersedia di lokasi hanya 106 lembar.

Akibat kekurangan tersebut, masyarakat menolak melanjutkan pencoblosan karena surat suara tidak lengkap. “Kami minta sikap tegas KPU dengan kurangnya surat suara Pilpres. Kami menolak melanjutkan. Kami baru mau mencoblos kalau suarat suaranya ada,” ujar Ihwan, seorang warga.

Akhirnya Ketua Bawaslu Inhil dan KPU Inhil turun langsung untuk mengatasi permasalahan ini. Ketua Bawaslu Inhil, M Dong, menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Riau mengenai persoalan ini.

“Kami jamin haknya. Terkait kekurangan merupakan tanggung jawab KPU,” ujar M Dong di hadapan masyarakat yang berkumpul menunggu keputusan KPU Inhil.

Sementara Ketua KPU Inhil, Herdian Azmi, yang akhirnya datang sesudah Ketua Bawaslu Inhil, berusaha menenangkan masyarakat sekitar pukul 13.30 WIB. KPU Inhil memutuskan untuk memindahkan surat suara yang berlebih di TPS lain untuk dialihkan ke TPS 07 yang kekurangan surat suara Pilpres.

“Kami akan mengambil surat suara di TPS lain untuk di pindahkan ke sini,” tutur Herdian.

Hingga berita ini diturunkan masyarakat masih menunggu kedatangan surat suara berdasarkan rekomendasi KPU Inhil. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved