Diduga Bagikan Rp250 Ribu, Bawaslu Dumai Periksa Dugaan Tindakan Politik Uang

Perilaku politik uang diduga dilakukan oleh seorang caleg dari sebuah partai politik peserta pemilu. Saat ini Bawaslu Dumai dengan memeriksanya.

Diduga Bagikan Rp250 Ribu, Bawaslu Dumai Periksa Dugaan Tindakan Politik Uang
internet
logo Bawaslu

tribunpekanbaru.com - Dugaan politik uang dalam Pemilu Serentak 2019 diduga terjadi di Kota Dumai. Ketua Bawaslu Dumai, Zulfan, menyebut pihaknya menerima laporan terkait adanya dugaan aktifitas politik uang yang dilakukan oleh tim relawan seorang caleg di Dapil Tiga, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Zulfan menyebutkan, ada dua orang terlapor yang diduga membagikan uang senilai Rp250 ribu beserta kartu nama caleg, pada Selasa (16/4) malam lalu atau sehari sebelum pencoblosan.

"Memang benar, ada laporan terkait dugaan politik uang di Sungai Sembilan. Hal ini juga sedang kita tindaklanjuti," sebut Zulfan pada Rabu (17/4) lalu.

Disampaikan, dua orang terlapor tersebut diketahui merupakan tim relawan dari caleg berinsial B dari salah satu parpol yang turut berkompetisi pada Pemilu serentak 2019.

"Barang buktinya saat ini sudah kita terima berupa uang Rp250 ribu dan kartu nama. Akan kita mulai lakukan proses pemeriksaan lanjutan setelah proses pemungutan suara," paparnya.

Ditegaskan, berdasarkan UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, tindakan politik uang tersebut termasuk dalam pidana pemilu.

"Jika di kemudian hari terbukti sah telah melanggar aturan, maka baik peserta atau tim kampanyenya beserta pemilih, baik secara langsung maupun tak langsung, akan terancam pidana," terangnya. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved