Rokan Hulu

Mekanik dan Sopir yang Ikut Uji Kompetensi Dinyatakan Lulus 100 persen

Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Operator Alat Berat, pada 1 April hingga 4 April 2019. ‎

Mekanik dan Sopir yang Ikut Uji Kompetensi Dinyatakan Lulus 100 persen
tribunpekanbaru/dianmajapalti
FOTO ILUSTRASI - Alat berat sedang bekerja. 

Mekanik dan Sopir yang Ikut Uji Kompetensi Dinyatakan Lulus 100 persen

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sebanyak 102 operator alat berat, mekanik dan para sopir di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Operator Alat Berat, pada 1 April hingga 4 April 2019. ‎

Kepala Dinas‎ PUPR Kabupaten Rohul Anton ST, MM, mengungkapkan, sebanyak 102 orang yang mengikuti Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat‎ merupakan kerjasama‎ Dinas PUPR Rohul, bersama Balai Material dan Peralatan Kontruksi Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, Universitas Pasir Pangaraian, dan Tim Penguji atau Asesor dari Lembaga Pengembangan Jasa konstruksi (LPJK) Riau, dinyatakan lulus 100 persen.

"Alhamdulillah sebanyak 102 oprator yang mengikuti uji kompetensi berhasil lulus, dengan begitu 102 sudah tersetifikasi," katanya, Kamis (18/4/2019).

Baca: Jelang Popnas 2019 di Papua, PPLP Takraw Riau Benahi Terima Bola Pertama

Anton menerang, dalam uji kompetensi yang lalu, ratusan operator alat berat, mekanik, dan sopir dari empat UPTD kecamatan dan seluruh UPTD di Dinas PUPR, mengikuti tiga bidang pengujian, yakni pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap kerja (attitude).

Dirinya menjelaskan, tujuan uji kompetensi sendiri untuk melatih dan membina tenaga operator alat berat, mekanik dan sopir Dinas PUPR Rohul, sehingga mengerti cara perawatan dan pengoperasian alat milik dinas.

"Dengan adanya bimtek ini tentunya para opreator akan mahir dan mampu pengoperasian peralatan, perbaikan peralatan, maupun pelaksanaan pekerjaan di lapangan," terangnya.

Anton berharap, dengan telah mengikuti Bimtek Uji Kompetensi Operator Alat Berat tersebut, seluruh peralatan‎ kerja milik Kabupaten Rohul, baik alat berat, dump truk dan lainnya dapat bekerja maksimal, dan hasil yang diperoleh dapat memuaskan masyarakat.

Diterangkanya, sedikitnya ada empat alat yang diujikan kepada para operator, mekanik dan sopir pada uji kompetensi ini, yakni alat berat jenis excavator, Backhoe Loader, dump truk, dan bomag.

"Pada tes yang dilakukan itu, berupa perawatan peralatan, terhadap teknik pembawaan dan terhadap perawatan, kerusakan, perbaikan dan pengoperasionalan peralatan itu sendiri," ujarnya.

Baca: LIVE FACEBOOK, Seniman Alfredo Unjuk Kebolehan dalam Momen HUT 12 Tribun Pekanbaru

Diakui Anton, peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi, maka para operator sudah mampu dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka laksanakan.

"Semoga dengan lulusnya operator ini, bisa memberikan pekerjaan yang maksimal dalam menjalankan intruksi dari pimpin," pungkasnya. (Tribunrohul.com/Donny Kusuma Putra).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved