Rokan Hulu

Tingkat Kepanasaan Air 30 Derajat Celcius, Bupati Instruksikan Serius Kelola Wisata Air Panas

Objek wisata air panas di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto mendapat perhatian serius dari Pemkab Rokan Hulu (Rohul).

Tingkat Kepanasaan Air 30 Derajat Celcius, Bupati Instruksikan Serius Kelola Wisata Air Panas
istimewa
Bupati Rohul Sukiman bersama sejumlah pejabat foto bersama saat berkunjung ke objek wisata air panas di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto, Kamis (17/4/2019). 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Objek wisata air panas di Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto mendapat perhatian serius dari Pemkab Rokan Hulu (Rohul).

Hal itu dikatakan Bupati Rohul H Sukiman mengunjungi tempat wisata ini di sela kunjungan kerjanya, Kamis (18/4/2019).

Bupati didampingi Ketua TP PKK Hj Peni Herawati, Kepala Disparbud Drs Yusmar Msi, Kadis PUPR Anton ST MT, Plt Kadis Perkim Suparno, Camat Pendalian IV Koto Afkar, Kades Air Panas Rahayu, dan Kades Rokan Timur.

Lokasi wisata air panas merupakan tanah milik Pemkab Rohul, seluas 2 hektare, dan berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Jalan ke lokasi ini dengan lebar 12 meter dibuka oleh Dinas PUPR Rokan Hulu.

Pada kunjungannya, Sukiman menginstruksikan Disparbud Rohul untuk mengelola objek wisata air panas ini dengan lebih baik lagi berkoordinasi dengan dinas terkait dan tiga desa sekitar, yaitu Desa Air Panas, Desa Rokan Timur, dan Sikebau Jaya.

Bukan hanya itu saja, Sukiman juga meminta agar lokasi wisata air panas tersebut ditata rapi, dan didesain sehingga pengunjung tertarik berkunjung ke salah satu destinasi wisata ini.

Menanggapi itu, Kepala Disparbud Yusmar, menyatakan siap merealisasikan dan menindaklanjuti instruksi Bupati Sukiman, dan akan menentukan lebih dulu status kepemilikan dan status lahan.

Yusmar mengatakan, akan membuat usulan siteplan di APBD Rohul perubahan tahun anggaran 2019.

Sedangkan untuk pelaksanaan pembangunan diperkirakan baru bisa dimulai 2020.

"Kita mengimbau dalam perjalanan tersebut agar desa telah mulai melaksanakan pengelolaan dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis," sebut Yusmar, Jumat (19/4/2019).

Dijelaskan Yusmar, sumber air panas si Desa Air Panas mempunyai tingkat kepanasan antara 25 sampai 30 derajat Celcius.

"Lokasinya dikelilingi pohon-pohon kayu yang besar dan tinggi, serta masih asri, sehingga sangat baik dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga dan edukasi bagi generasi muda," ucap Yusmar. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved