Usulkan Pemungutan Suara Ulang, Bawaslu Dumai Temukan Sejumlah Kesalahan Pemilu

Bawaslu Dumai merekomendasikan pemungutan suara ulang di beberapa TPS, setelah menemukan beberapa pelanggaran saat hari pencoblosan lalu.

Usulkan Pemungutan Suara Ulang, Bawaslu Dumai Temukan Sejumlah Kesalahan Pemilu
internet
logo Bawaslu

tribunpekanbaru.com - Pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu Serentak 2019 di Kota Dumai pada Rabu (17/4) lalu, menyisakan sejumlah temuan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai.

Komisioner Bawaslu Kota Dumai, Zulfan, mengatakan pada Jumat (19/4), pihaknya mendapatkan sejumlah temuan pada hari pelaksanaan pemungutan suara tersebut.

"Memang ada beberapa temuan yang sedang kita proses saat ini. Di antaranya, usulan untuk pemungutan suara ulang dan pemungutan suara lanjutan," ujarnya.

Dia melanjutkan, usulan untuk melakukan pemungutan suara ulang terjadi pada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di empat kecamatan di Kota Dumai.

Zulfan menjelaskan, penyebab munculnya usulan pemungutan suara ulang ini ada beberapa faktor, di antaranya petugas KPPS membuka kotak suara tanpa prosedur administrasi pemilu, ada pemilih dari luar DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang ikut mencoblos, dan persoalan lain-lain.

"Lalu ada pula yang kita usulkan pemungutan suara lanjutan. Hal ini akan kita lakukan di sembilan TPS yang ada di Kota Dumai," sampai Zulfan.

"Faktor penyebabnya adalah banyaknya pemilih yang terdaftar di dalam DPT, tapi ternyata mereka tidak bisa ikut mencoblos," tambah dia.

Zulfan mengaku, usulan tersebut sudah diajukan oleh petugas Panwas dari masing-masing TPS kepada KPU Kota Dumai untuk ditindaklanjuti.

Sayangnya, Zulfan tak mau menyebut TPS mana saja yang akan melakukan proses pemungutan suara ulang maupun pemungutan suara lanjutan tersebut.

"Saya tidak hafal pada TPS mana saja. Yang jelas, usulan sudah kita ajukan dan jadwal pelaksanaannya nanti akan ditindaklanjuti oleh KPU Kota Dumai," terangnya lagi. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved