Berita Riau

KPU Riau Tegaskan Form C1 Diumumkan Setiap PPS

Bawaslu mengingatkan kepada PPS untuk mengumumkan ke publik hasil penghitungan di tingkat TPS.

KPU Riau Tegaskan Form C1 Diumumkan Setiap PPS
Istimewa
Sejumlah PPS tempel Form C1. 

KPU Riau Tegaskan Form C1 Diumumkan Setiap PPS

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan kepada PPS untuk mengumumkan ke publik hasil penghitungan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau form C1, bagi yang tidak menjalankan ada ancaman pidana.

Menurut ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir semua petugas PPS sudah memahami dan menjalankan itu.

"InshaAllah sejak Bimtek Tungsura di tingkat kabupaten/kota, ppk, pps, dan kpps kita sudah selalu mengingatkan, "ujar Ilham Muhammad Yasir menjawab pernyataan Bawadlu.

Bahkan menurut Bawaslu sampai sehari setelah pencoblosan secara berjenjang KPU kab/kota nya juga terus mengingatkan bahwa dalam waktu 7x24 jam harus ditempel di TPS tempat pada tgl 17 melakukan pemungutan suara.

"Begitu pula hasil C1 dari seluruh TPS juga ditempel di tingkat PPS baik di kantor Desa maupun Kelurahan dimana PPS bersekretariat, atau di tempat atau kalau tidak ada ruangnya dapat di tempat publik lainnya yg ada di Desa dan Kelurahan tersebut," ujar Ilham Muhammad Yasir.

Baca: Heboh Cuitan Istri Andre Taulany Soal Prabowo, BPN Tuntut Istri Erin Taulany Minta Maaf via Medsos

Baca: Soal Surat Suara Tercecer di Kampar, Ini Tindak Lanjut Bawaslu Tanah Datar Sumbar

Ilham juga menyampaikan setiap hari pihaknya juga terus mengingatkan PPS untuk mengumumkan hasil C1 tersebut agar masyarakat bisa melihat dan mengawasi langsung.

"Dan sampai hari ini kami juga masih terus mengingatkan kepada PPS dan KPPS, karena waktunya masih ada sampai 24 April bagi yang sama sekali belum,"ujarnya.

Sebagai bukti dokumentasi, PPS diminta mendokumentasikan penempelan C1 tersebut melaporkan berjenjang melalui PPK kepada KPU kab/kota masing-masing.

"Kami memiliki dokumentasi lengkap, karena begitu ditempelkan langsung dipoto sebagai bukti dan dikirim ke kami, "ujarnya.

Sisi lain dari ragam aktifitas petugas KPPS dan PPS di seluruh kab/kota di Riau telah mengumumkan hasil sertifikat form C1 Pemilihan Presiden, Pileg dan DPD di papan-papan pengumuman dan dinding sekitar TPS dan sekretariat PPS sejak hari pencoblosan dan pemungutan suara sebagai komitmen mewujudkan Pemilu transparan dan bermarwah di Riau. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved