100 Persen Sekolah SMP/sederajat di Dumai Sudah UNBK, Tak Ada yang UNKP

Disdikbud Dumai mengklaim, 100 persen sekolah melaksanakan UNBK merupakan satu-satunya di Riau. Di daerah lain ada yang masih menggelar UNKP.

100 Persen Sekolah SMP/sederajat di Dumai Sudah UNBK, Tak Ada yang UNKP
tribun pekanbaru
Kepala Disdikbud Kota Dumai, Asy'ari, meninjau pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs sederajat di sebuah sekolah di Kota Dumai, Senin (22/4). 

tribunpekanbaru.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs sederajat di Kota Dumai diikuti sekitar 5.145 siswa.

Ujian Nasional tahun ajaran 2018-2019 itu berlangsung hingga empat hari ke depan dari 22-25 April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai, Sya'ari, menyampaikan pada Senin (22/4), semua sekolah di Dumai sudah melaksanakan UNBK, dan Dumai merupakan satu-satunya yang sudah melaksanakan UNBK 100 persen di Riau.

"Ini merupakan pelaksanaan UN hari pertama untuk tingkat SMP dan USBN untuk tingkat SD," terang Sya'ari.

Menurutnya, ada 53 sekolah SMP/MTs baik negeri maupun swasta di Dumai yang melaksanakan UNBK. Dan seluruh sekolah itu sudah melaksanakan UN dengan metode berbasis komputer atau UNBK.

"Alhamdulillah, sebanyak 5.145 siswa tak ada lagi yang ikut ujian berbasis kertas dan pensil (UNKP)," paparnya.

Dia juga menjelaskan, pelaksnaan UN kali ini berbarengan antara SMP dan SD. Hanya lama masa ujiannya saja yang berbeda.

Pada siswa tingkat SMP/MTs sederajat, UN akan dilaksanakan selama empat hari, sedangkan di tingkat SD dilaksanakan selama tiga hari dari 22-24 April 2019.

Disdikbud Dumai juga mengatakan, tidak ada kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan ujian di hari pertama, dan diharapkan kondisi ini akan berlanjut hingga pelaksanaan UN nanti selesai.

"Alhamdulillah, hari pertama lancar saja. Mudah-mudahan selanjutnya juga demikian, lancar sampai selesai," ujar Asy'ari. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved