Berita Riau

Ternyata, Baru 30 Industri yang Berstandar SNI di Provinsi Riau

Hingga saat ini, jumlah industri yang sudah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) di Riau baru berjumlah sekitar 30 industri

Ternyata, Baru 30 Industri yang Berstandar SNI di Provinsi Riau
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Gubernur Riau Syamsuar (kanan) bersama Kepala BSN, Bambang Prasetya, meresmikan KLT BSN di kawasan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Jalan Hangtuah No.218, Rejosari, Kec Tenayan Raya, Pekanbaru. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hingga saat ini, jumlah industri yang sudah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) baru berjumlah sekitar 30 industri.

Sedangkan untuk di Indonesia adalah 13.819 industri dan di Pulau Sumatera jumlahnya adalah 230 industri.

Di Provinsi Riau terdapat 23 Laboratorium uji dan 1 UPT Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Disperindag Provinsi Riau.

Dengan adanya potensi tersebut, BSN berkomitmen untuk mendekatkan diri kepada para stakeholder di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya dengan mendirikan Kantor Layanan Teknis (KLT) di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Jalan Hangtuah No.218, Rejosari, Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (22/4/2019).

Baca: Wagubri Bakal Sidak Sejumlah OPD Terkait Penghematan Listrik

Baca: Bawaslu Pekanbaru Ingatkan Agar Hasil Rekapitulasi Suara Dipublikasikan

Ini merupakan KLT yang ke-4, setelah sebelumnya BSN meresmikan KLT di Kota Makassar, Palembang, dan Bekasi.

Dengan adanya KLT, masyarakat di Pekanbaru dan sekitarnya dapat lebih mudah mengakses informasi SPK, berkonsultasi, mengusulkan SNI sesuai kebutuhan daerah, serta mengusulkan pembinaan SNI bagi UKM.

Selain itu, diharapkan jumlah industri dan UKM yang menerapkan SNI di wilayah ini akan semakin meningkat.

"Pekanbaru merupakan tempat yang sangat strategis. Sebagai salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatera dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi, potensi industri serta UKM di Pekanbaru sangat luar biasa," kata Kepala BSN, Bambang Prasetya.

Kehadiran KLT BSN akan membantu para pelaku usaha di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya dalam penerapan SNI.

"Dengan menerapkan SNI, produk-produk yang ada di Provinsi Riau dapat lebih berdaya saing di pasar nasional dan global," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved