Pelalawan

Banyak Kesalahan Penulisan Data, PPK Pangkalan Kerinci Baru Tuntaskan 14 TPS dari Total 225

Selasa (23/4/2019), masuk hari keempat rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2019.

Banyak Kesalahan Penulisan Data, PPK Pangkalan Kerinci Baru Tuntaskan 14 TPS dari Total 225
Tribun Pekanbaru/Johanes Tanjung
Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Pangkalan Kerinci. Hingga Selasa (23/4/2019) PPK masih menuntaskan perhitungan 14 dari 225 TPS. 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI- Selasa (23/4/2019), masuk hari keempat rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu tahun 2019.

Pleno berlangsung sejak Sabtu (20/4/2019) di aula kntor Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pangkalan Kerinci, M Jais mengatakan, hari keempat ini pleno rekapitulasi perolehan suara masih jauh dari kata selesai.

Hingga kini pihaknya baru menyelesaikan penghitungan 14 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 225 TPS yang ada di Pangkalan Kerinci.

"Desa Kuala Terusan 1 TPS, Desa Rantau Baru 3 TPS, dan Desa Mekar Jaya 10 TPS. Itu saja yang baru selesai," beber Jais.

Jais mengungkapkan, persoalan yang membuat proses rekapitulasi berlangsung lama karena kesalahan penulisan data oleh para Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Alhasil PPK, Panwas kecamatan dan para saksi kembali membuka kotak suara untuk memastikan jumlah perolehan suara. Terpaksa petugas mengecek kembali surat suara satu per satu seperti halnya di tingkat KPPS.

Hal inilah yang memakan waktu banyak dan menguras tenaga serta pikiran. Setiap kotak suara di TPS dikeluarkan kembali dan diperiksa di hadapan para saksi.

"Ada sekitar 70 persen yang kotak suaranya kembali dibuka. Karena tulisan C1 berhologram itu ada salah dan teli juga ada yang salah," tambahnya.

Padahal, kata Jais, dalam proses rekapitulasi pihaknya sudah membagi panel menjadi tiga grup untuk mempercepat proses penghitungan. Dua panel khusus mengurus suara DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten. Sedangkan satu panel lagi menghitung perolehan suara pilpres dan DPD RI.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved