Pemilu 2019

Tiga KPU Kabupaten di Riau Terima REKOMENDASI Bawaslu untuk Gelar PSU dan PSL Pemilu 2019, 6 BELUM

Tiga Kabupaten di Riau terima rekomendasi Bawaslu Riau untuk gelar PSU dan PSL Pemilu 2019, 6 KPU kabupaten dan kota belum

Tiga KPU Kabupaten di Riau Terima REKOMENDASI Bawaslu untuk Gelar PSU dan PSL Pemilu 2019, 6 BELUM
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
REKOMENDASI Bawaslu Soal PSU, PSS dan PSL di Riau untuk JAMIN Hak Pilih Warga dalam Pemilu 2019. Tiga KPU Kabupaten di Riau Terima REKOMENDASI Bawaslu untuk Gelar PSU dan PSL Pemilu 2019, 6 BELUM 

Tiga KPU Kabupaten di Riau Terima REKOMENDASI Bawaslu untuk Gelar PSU dan PSL Pemilu 2019, 6 BELUM

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tiga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten di Riau terima rekomendasi Bawaslu untuk gelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) Pemilu 2019, 6 KPU kabupaten dan kota belum.

Artinya, PSU dan PSL Pemilu 2019 akan digelar di 9 kabupaten dan kota di Riau dan akan dilaksanakan di 112 TPS oleh KPU kabupaten dan kota masing-masing.

Sesuai rekomendasi Bawaslu Riau, PSU dan PSL akan digelar di Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu (Inhu), Pelalawan, Indragiri Hilir (Inhil), Kampar, dan Rokan Hilir.

Baca: Gunakan Form C1 KAWAL Pemilu 2019, Hendry Munief DIDATANGI Petinggi Parpol, PKS Jaga SUARA RAKYAT

Baca: Global Wakaf ACT Hasilkan MINYAK ATSIRI dari Serai Wangi Sebanyak 175 Kilogram dalam Setahun

Baca: Jokowi-Maaruf KALAH Pilpres 2019 di Riau, Kepala Daerah yang DUKUNG 01 Dikabarkan Mengundurkan Diri

Meskipun Bawaslu Riau sudah menyampaikan adanya rekomendasi terhadap 112 PSU dan PSL, namun hingga siang ini hasil monitoring KPU Riau ke KPU kabupaten dan kota baru sebagian kecil rekomendasi tertulis yang sudah disampaikan.

Baru 3 kabupaten dan kota dari 9 kabupaten dan kota yang di 112 TPS ada rekomendasi tertulis PSU dan PSL.

Tiga Kabupaten dan Kota itu adalah Inhil, Kampar dan Rokan Hilir, sedangkan lainnya, Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Meranti, Inhu dan Pelalawan belum ada rekomendasi secara tertulis dari Bawaslu.

Dasarnya menurut UU maupun PKPU harus didahului adanya rekomendasi tertulis dari jajaran Bawaslu khususnya PTPS, sepanjang rekomendasi tertulis belum disampaikan jajaran KPU kabupaten dan kota tidak bisa berbuat apa-apa.

"Sementara hari ini sudah masuk hari ke-4 dari 10 hari yang disediakan oleh UU, tentunya ini menjadi kerisauan dan hambatan teknis tersendiri bagi KPU nantinya saat melaksanakan rekomendasi jajaran Bawaslu tersebut," ujar Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir kepada Tribunpekanbaru.com.

Baca: Klasemen Grup G Piala AFC 2019, Ini Posisi Persija Jakarta, Kans Kian Tipis

Baca: Pasca Pelaksanaan Pemilu 2019, Polres Kuansing Riau Turunkan Tim Medis Saat Pleno PPK

Baca: VIDEO: LIVE Streaming Alaves vs Barcelona, Pekan Ke-34 Liga Spanyol, Live Bein Sport, Rabu 2.30 WIB

Sebelumnya memang sudah ada pernyataan lisan dari Bawaslu untuk pelaksanaan PSU dan PSL, hanya saja tidak disertai dengan rekomendasi tertulis sebagai pedoman penyelenggaraan PSU dan PSL.

Halaman
123
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved