Rokan Hulu

Camat Ujung Batu Sebut Tema Sosialisasi PWI Rohul Riau Tolak Hoaks Sangat Pas Di Situasi Saat Ini

karena masalah tolak hoaks sangat dibutuhkan oleh generasi muda dalam menyikapi terhadap sebuah pemberitaan yang tersebar di media sosial.

Camat Ujung Batu Sebut Tema Sosialisasi PWI Rohul Riau Tolak Hoaks Sangat Pas Di Situasi Saat Ini
istimewa
‎Kegiatan ‎Sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks, yang dilaksanakan di SMKN 1 Ujungbatu,Rabu (24/4/2019) 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- ‎ Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menggelar Sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks, dengan menciptakan generasi bangsa yang bijak.

‎Sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks, Ini dilaksanakan di SMKN 1 Ujungbatu, pada Rabu (24/4/2019), yang di ikuti puluhan peserta dari berbagai Sekolah tingkat SMA di Kecamatan Ujungbatu dan Tandun.

‎Kegiatan ‎Sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks, yang dilaksanakan di SMKN 1 Ujungbatu, dibuka secara langsung oleh Camat Ujungbatu, Arie Gunadi, dan perwakilan Kapolsek Ujungbatu, Iptu Jhon Heri, SH, serta Danramil Ujungbatu.

‎Camat Ujungbatu, Arie Gunadi, mengungkapkan, kegiatan yang ditaja oleh PWI terkait pelatihan jurnalistik yang temannya sangat tepat atau pas di kondisi saat ini.

Baca: VIDEO: Kemeriahan Lomba Burung Berkicau KNPI Rohul Cup 1, Dihadri Peserta dari Sumut dan Sumbar

Baca: Setelah Sukses Pasar 1000 Durian, Kini Ada Pasar Digital Dangaoe-Dangaoe di Rohul Riau

Menurutnya, tema anti hoaks sangat tepat sekali karena masalah tolak hoaks sangat dibutuhkan oleh generasi muda dalam menyikapi terhadap sebuah pemberitaan yang tersebar di media sosial.

"Jadi generasi muda atau milenial harus menyikapi sebuah informasi itu dengan baik jangan grasak grusuk, dan yang terpenting ‎ pilah dulu informasi yang didapat jangan langsung dibagikan," sebutnya.

Menurut Arie, generasi muda merupakan objek yang sangat dituju oleh pelaku Hoaks , untuk itulah, kegiatan ini sangat pas dilaksanakan untuk anak-anak Muda dan kaum Millenial.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini, siswa SMA sederajat, bisa lebih bijak lagi dan lebih cermat terhadap situasi saat ini banyak informasi-informasi hoaks yang banyak merugikan orang lain.

"Jadi kalau kita mendaat informasi klarifikasi terlebih dahulu, jangan cepat-cepat membagikannya, kar‎ena ini sangat bahaya," sebutnya.

Baca: Rohul Dapat Jatah Terbesar dari Pemprov untuk Bangun Jalan dan Jembatan

Baca: Wisata AIR PANAS di Rohul Riau, Ini 10 Manfaat Mandi Air Hangat atau Air Panas Alami Bagi Kesehatan

Masih ditempat yang sama, Ketua Pelaksana, Faisal Utasuhut mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terkait dasar jurnalistik serta menolak berita-berita hoaks.

"Pesertanya sekitar 70 orang perwakilan dari berbagai sekolah tingkat SMA yang ada di Tandun dan Ujungbatu," sebutnya.

Sementara, Ketua PWI Rohul, Engki Prima Putra, mengaku, kegiatan Sosilasisasi ini merupakan kegiatan Rutin yang dilaksanakan oleh PWI Rohul setiap tahunnya.

‎Dirinya berharap, melalui kegiatan ini, generasi muda Rohul, mengerti akan dasar-dasar jurnalistik, dan bagi mereka yang memiliki rencana untuk menjadi seorang jurnalis.

Engki ‎juga mengaku senang dengan antusias para Siswa yang mengikuti sosialisasi ini, bahkan dalam sosialisasi ini, juga terjadi komunikasi tanya jawab yang menjadikan suasana menjadi hidup.

?Kegiatan ?Sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks, yang dilaksanakan di SMKN 1 Ujungbatu,Rabu (24/4/2019)
Kegiatan ?Sosialisasi jurnalistik dasar dan tolak Hoaks, yang dilaksanakan di SMKN 1 Ujungbatu,Rabu (24/4/2019) (istimewa)

"Semoga kegiatan yang kita laksanakan ini bisa bermanfaat bagi Siswa yang mengikuti. Dan kita juga mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMKN 1 Ujung Batu yang telah menyediakan tempat dan memfasilitasi kita," pungkasnya.(Tribunrohul.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved