Rokan Hulu

Kelelahan Keluhan Terbanyak, Dinas Kesehatan Rohul Periksa Kesehatan Petugas Pemilu

Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai melakukan pemeriksaan terhadap petugas pemilu

Kelelahan Keluhan Terbanyak, Dinas Kesehatan Rohul Periksa Kesehatan Petugas Pemilu
Tribun Pekanbaru/Donny Kusuma Putra
TINDAK LANJUTI Surat KPU, Diskes Rohul PERIKSA Kesehatan Petugas Pemilu 2019 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai melakukan pemeriksaan terhadap petugas pemilu seperti PPK, Panwascam, PPS, PTPS, KPPS, Linmas, saksi dan petugas kepolisian.

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan di kantor kecamatan yang masih melakukan rapat pleno terbuka tingkat kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul dr Bambang Triyono mengungkapkan, pemeriksaan petugas pemilu ini menindaklanjuti surat KPU Rohul dan surat edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor HK 02.HK.02.02/III/1681/2019 .

Surat berisi tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi petugas KPPS, PPK, yang memerlukan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan terhadap petugas pemilu dilakukan di 11 kecamatan yang masih melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara.

Sejauh ini, pihaknya masih melakukan cek kesehatan di beberapa kecamatan, seperti Tandun, Ujung Batu, Rokan IV Koto, Pagaran Tapah, Kunto Darussalam, Bonai Darussalam, Rambah, Rambah Hilir, Tambusai Tambusai Utara dan Kepenuhan.

"Kita sudah turunkan petugas kesehatan dari puskesmas di masing-masing kecamatan untuk melakukan pemeriksaan terhadap petugas yang menjalankan proses pleno," jelasnya, Rabu (24/4/2019).

Bambang juga berharap, dengan adanya pengecekan kesehatan yang dilakukan, diharapkan bisa mencegah terjadinya korban jiwa akibat kelelahan bagi petugas yang masih menjalankan rapat pleno.

Dari informasi yang ia terima dalam pemeriksaan kesehatan petugas, rata-rata keluhannya adalah kelelahan karena terforsir beberapa hari ini, kurang istirahat.

"Kita sudah berikan multivitamin dan memotivasi mereka agar banyak minum. Namun sebaiknya memang harus diatur waktu istirahatnya supaya tidak drop dan membahayakan jiwa mereka," terangnya.

Panjangnya proses Pemilu tahun 2019 ini, menyebabkan banyak petugas penyelenggara pemilu yang mengalami kelelahan dan sakit, bahkan meninggal dunia. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved