Berita Riau

Sesi Inilah Banyak Pencaker Gugur Saat Melamar Pekerjaan, Wagub Riau Dapat Bocoran dari Perusahaan

Wakil Gubernur Riau sempat berbincang dengan sejumlah petugas yang menjaga stand perusahaan yang menjadi peserta dalam Riau Job Fair 2019 ini.

Sesi Inilah Banyak Pencaker Gugur Saat Melamar Pekerjaan, Wagub Riau Dapat Bocoran dari Perusahaan
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
FOTO ILUSTRASI - Para pencari kerja memadati Pameran Kesempatan Kerja, Pekanbaru Job Fair Road to Campus 2018 di Gedung PKM Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Rabu (17/10/2018). Acara yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan RI tersebut diikuti 15 perusahaan dengan ratusan lowongan pekerjaan. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Sesi Inilah Banyak Pencaker Gugur Saat Melamar Pekerjaan, Wagub Riau Dapat Bocoran dari Perusahaan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Usai membuka acara Riau Job Fair 2019 di Hotel Mutiara Merdeka, Rabu (24/4/2019), Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edi Natar Nasution didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau Rasidin Siregar berkeliling meninjau stand perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dalam ajang bursa pemeran kerja tersebut.

Edi pun sempat berbincang dengan sejumlah petugas yang menjaga stand perusahaan yang menjadi peserta dalam Riau Job Fair 2019 ini.

Baca: Heboh Boikot Nasi Padang, Relawan Jokowi-Ma’ruf Riau: Masa Makan Pecel Lele Aja Gara-gara Pilpres

Selain menanyakan profil singkat perusahaan, Edi juga sempat menanyakan posisi jabatan yang dibuka oleh masing-masing perusahaan yang ikut dalam Riau Job Fair ini.

Tidak hanya itu, Edi juga sempat mengulik penyebab rendahnya daya serap perusahaan terhadap tenaga kerja yang memasukkan lamaran dalan kegiatan Riau Job Fair di tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan pihak perusahaan ke Wagubri, ternyata penyebabnya banyaknya Pencaker yang tidak diterima oleh perusahaan ada pada kriteria Pencaker yang tidak sesuai dengan standar perusahaan.

Hal itu banyak terjadi pada sesi wawancara.

"Rata-rata pelamar ini gugurnya pas wawancara, mereka tidak sesuai dengan kriteria yang kita inginkan, jadi tidak bisa kita paksakan untuk kita terima," kata salah seorang perwakilan perusahaan yang ikut menjadi peserta dalam Riau Job Fair 2019 ini.

Baca: Harga 10 Biji Jengkol Meroket Jadi Rp 10.000 di Pekanbaru, Biasalah Dek Semua Naik Setelah Pemilu

Mendengar penjelasan dari perusahaan terkait adanya persoalan Pencaker yang gugur ditahapan interview, ia meminta agar pihak perusahaan memberikan informasi yang transfaran kepada Pencaker. Sehingga kedepan jika yang bersangkutan ingin mengikuti tes wawancara kembali sudah mengetahui kelemahanya dimana dan bisa memperbaikinya.

"Itu harus disampaikan ke Pencaker. Kalau tidak bisa diterima itu harus dijelaskan alasanya apa. Kalau tes wawancara tidak lulus juga harus disampaikan apa alasanya. Sehingga kedepan kekurangan ini bisa diperbaiki oleh Pencaker," kata Edi Natar Nasution.

Halaman
1234
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved