Berita Riau

SK Penetapan Embarkasi Haji Antara Riau Sudah Diterima Pemprov Riau, Ini Harapan Kemenag RI

Dengan diterimanya SK ini, maka untuk keberangkatan calon jemaah haji mulai tahun 2019 ini dan seterusnya sudah bisa menggunakan embarkasi haji antara

SK Penetapan Embarkasi Haji Antara Riau Sudah Diterima Pemprov Riau, Ini Harapan Kemenag RI
istimewa
Penyerahaan Surat Keputusan (SK) penetapan Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau oleh Dirjen Haji Kementrian Agama (Kemenag) RI, Prof Nizar di Balai Serindit Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru diterima langsung oleh Gubernur Syamsuar, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setelah lama ditungu-tunggu, Surat Keputusan (SK) penetapan Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau akhirnya diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Rabu (24/4/2019). SK tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Haji Kementrian Agama (Kemenag) RI, Prof Nizar di Balai Serindit Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

"Kami diutus datang ke Riau untuk menyampaikan SK ini kepada pak Gubernur. Atas nama Kementrian Agama RI kami ucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pemprov Riau yang telah mendapatkan SK penetapan Embarkasi Haji Antara Riau," kata Nizar usai menyerahkan SK penetapan Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau kepada Gubernur Riau, Syamsuar di Balai Serindit Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

"Dengan diterimanya SK ini, maka untuk keberangkatan calon jemaah haji mulai tahun 2019 ini dan seterusnya sudah bisa menggunakan embarkasi haji antara Riau. Ini merupakan kepercayaan yang luar biasa dari Kementrian Agama kepada Pemprov Riau, mudah-mudahan keberadaan embarkasi haji antara Riau memberikan manfaat yang besar kepada calon jemaah haji asal Riau," imbuhnya.

Baca: Petugas Kebersihan Temukan Ratusan Batang Kayu di Saluran Air Jalan Arifin Achmad Pekanbaru

Baca: Update Pleno PPK Pangkalan Kerinci, Baru 30 TPS Tuntas dari Total 225

Nizar mengatakan, Kemenag mendorong untuk bisa meningkatkan status embarkasi haji antara menjadi embarkasi haji penuh.

Namun Pemprov Riau harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan untuk bisa ditetapkan sebagai embarkasi haji penuh.

Baik syarat dari sisi fasilitas emberkasi maupun dari sisi bandaranya.

Sebab untuk bisa menjadi embarkasi haji penuh, bandaranya harus siap digunakan untuk pesawat berbadan lebar.

"Kami tentu berharap persyaratan untuk penetapan embarkasi haji penuh ini bisa segera dipenuhi. Supaya manfaatnya bagi calon jamaah haji di Riau bisa lebih besar lagi. Kalau saya lihat bandaranya sudah memenuhi syarat, sekaran tinggak satu lagi yang belum, yaitu asrama hajinya saja yang belum memenuhi syarat untuk embarkasi haji penuh, " ujar Nizar seraya menyebut standar minimal untuk embarkasi haji penuh fasilitasnya harus standar hotel berbintang tiga.

"Itu standar minimalnya,"imbuhnya.

Nizar mencontohkan, di Lombok, meskipun jumlah calon jamaah hajinya yang berangkat setiap tahun lebih sedikit jika dibandingkan dengan calon jemaah haji asal Riau. Namun di Lombok ternyata embarkasi hajinya sudah embarkasi haji penuh.

Baca: Wakil Gubernur Riau Berharap Perusahaan Serap Tenaga Kerja Sebanyak-banyaknya

Baca: Warga Pekanbaru Kesal Ada Bus TMP Ugal-Ugalan di Jalan, Nomor Pengaduan Malah Tak Aktif

Halaman
12
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved