Kampar

Permudah Akses Air Desa Tabing Kampar Riau Melalui Sumur Wakaf

Selain dari Sungai Kampar, beberapa warga yang terlalu jauh mengambil air sebenarnya juga mengandalkan sumur galian di dekat daerah mereka.

Permudah Akses Air Desa Tabing Kampar Riau Melalui Sumur Wakaf
Tim Global Wakaf
Pembangunan sumur wakaf di Desa Tabing, Kecamatan Koto Hampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. 

Permudah Akses Air Desa Tabing Kampar Riau Melalui Sumur Wakaf

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Sungai Kampar yang melintasi Desa Tabing, Kecamatan Koto Hampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, nampaknya belum mampu memenuhi kebutuhan air untuk seluruh warga desa tersebut.

Memang, air Sungai Kampar yang menjadi sumber utama air untuk warga masih bersih dan biasanya dipakai untuk mencuci dan mandi oleh warga Desa Tabing.

Tetapi jauh di salah satu bagian Desa Tabing yang pemukiman penduduknya yang kurang padat, masyarakat harus menempuh jarak yang cukup panjang demi kebutuhan mencuci dan mandi mereka.

“Untuk daerah paling jauh di desa ini penduduknya harus jalan ke sungai sekitar 4 kilometer, tapi itu bukan daerah padat penduduk. Kalau daerah paling padat penduduknya mesti jalan ke sungai sekitar 1 kilometer,” ujar Benny Hibban dari Tim Global Wakaf, Jumat (26/4/2019).

Baca: DATA TERBARU! Jumlah Anggota KPPS yang MENINGGAL DUNIA Mencapai 296 Orang dan 2.151 Dilaporkan Sakit

Tim Global Wakaf sendiri memilih untuk membangun Sumur Wakaf di daerah padat penduduk.

Lokasi pembangunan sumur yang dibangun sejak awal Maret ini menurut Hibban, dimaksudkan supaya masyarakat lebih mudah untuk mengaksesnya.

Selain dari Sungai Kampar, beberapa warga yang terlalu jauh mengambil air sebenarnya juga mengandalkan sumur galian di dekat daerah mereka.

Namun sumur galian yang berkedalaman rata-rata 5-10 meter tersebut, masih kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan air warga ketika kemarau tiba.

Menurut Hibban ini dikarenakan kontur tanah Desa Tabing yang berbentuk bebatuan, sehingga airnya tidak begitu banyak.

Halaman
12
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved