Sawit dan Minyak Riau Terus Melemah

Sektor perkebunan sawit di Riau diharapkan masih mampu menopang perekonomian Riau, apalagi dengan luasan kebun sawit yang dimiliki Riau, membuat sekt

Sawit dan Minyak Riau Terus Melemah
Tribun Pekanbaru/Rino Syahril
Menteri BUMN Rini M Soemarno saat melakukan penanaman perdana sawit rakyat di Rokan Hulu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sektor perkebunan sawit di Riau diharapkan masih mampu menopang perekonomian Riau, apalagi dengan luasan kebun sawit yang dimiliki Riau, membuat sektor tersebut menjadi harapan pendorong ekonomi.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Irwan Mulawarman, dalam acara Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Riau, Selasa (30/4/2019).

Walau diharapkan menjadi penopang perekonomian masyarakat, namun dengan harga minyak sawit yang turun saat ini, sangat mempengaruhi perekonomian di Riau.

Hal tersebut dikarenakan berdampak kepada harga TBS sawit yang juga menurun dan berdampak pada pendapatan yang menurun, sehingga daya beli juga menurun.

Dia juga menjelaskan, terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi tingkat perekonomian di Riau. "Pertama harga CPO, harga minyak dunia dan lifting minyak berupa DBH," ujarnya.

Sementara itu, harga minyak dunia yang masih berkutat di angka rendah belum bisa diharapkan dapat mendongkrak perekonomian di Riau. Apalagi dana DBH untuk Riau masih belum dibayarkan.

Sedangkan lifting minyak di Riau diperkirakan akan menurun karena selain dipengaruhi perpindahan pelaksana di CPP block dari Chevron ke Pertamina, juga produksi minyak Riau terus menurun di beberapa tahun belakangan ini.

Kelemahan lifting minyak di Riau saat ini sudah sangat terbatas. Potensi hingga 2121, lifting minyak Riau akan terus menurun.

Karena itu, jika Riau masih mengandalkan 3 hal itu, maka ke depan perekonomian di Riau akan terpuruk. Untuk itu perlu dilakukan inovasi sumber perekonomian di Riau.

"Dengan gambaran seperti tersebut, bisa menjadi warning bagi Riau khususnya untuk mencari sumber ekonomi baru yang bisa meningkatkan perekonomian di Riau," imbuhnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved