Memaknai Peringatan Hari Buruh (May Day) Bagi Kaum Perempuan

bagi kaum perempuan, perayaan hari buruh ini menjadi momen penting. Sebab, perempuan masih kerap menerima berbagai bentuk penindasan di lingkungan tem

Memaknai Peringatan Hari Buruh (May Day) Bagi Kaum Perempuan
ist
Eva Silaban 

Memaknai Peringatan Hari Buruh (May Day) Bagi Kaum Perempuan

Penulis: Eva Juli Silaban

“Kami beriktiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Menolong diri sendiri itu kerap kali lebih sukar dari pada menolong orang lain. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula.” (Surat RA Kartini kepada Nyonya Abendanon, 12 Desember 1902)

Hari ini, Rabu  1 Mei 2019, masyarakat Internasional memperingati hari buruh atau May Day. Peristiwa bersejarah ini merupakan aksi nyata para buruh menciptakan perjuangan yang lebih revolusioner, menuju pembebasan dari penindasan kapitalisme.

Peringatan ini tentu memiliki makna dan tujuan yang mulia bagi seluruh kelas pekerja, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Namun, bagi kaum perempuan, perayaan hari buruh ini menjadi momen penting. Sebab, perempuan masih kerap menerima berbagai bentuk penindasan di lingkungan tempat Dia bekerja.

Lalu bagaimana caranya mewujudkan makna May Day agar nyata bagi pekerja perempuan?

Illustrasi (Pexels.com)
Illustrasi (Pexels.com) ()

Baca: SEJARAH Hari Buruh (May Day), Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei, Semua Bermula dari Sini!

Baca: Kumpulan Ucapan Hari Buruh Nasional (May Day 2019) Dalam Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris

Momen hari Kartini yang baru saja kita rayakan, 21 April kemarin, tentu memiliki tujuan berharga khususnya bagi perempuan Indonesia.

Kartini yang dianggap sebagai ibu emansipasi perempuan memberikan banyak sekali pelajaran berharga.

Dari cara membangun perempuan menjadi sosok yang maju dengan pikiran berkembang hingga membentuk perempuan menjadi pribadi yang kuat dan tegar atas terpaan lingkungan.

Halaman
1234
Editor: Firmauli Sihaloho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved