43 Mahasiswa STP Riau Diwisuda, 90 Persen Alumni Siap Kerja

Sebanyak 43 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau, mengikuti wisuda ke XI, Sabtu (4/5/2019). 90 persen alumni dinyatakan siap kerja.

43 Mahasiswa STP Riau Diwisuda, 90 Persen Alumni Siap Kerja
Tribunpekanbaru.com/Hendr
Foto bersama para mahasiswa STP Riau yang diwisuda di satu hotel bilangan jalan Nangka, Sabtu (4/5/2019). Pada kegiatan itu juga dihadiri oleh Gubernur Riau, Syamsuar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 43 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau, mengikuti wisuda ke XI di satu hotel bilangan Jalan Nangka, Kota Pekanbaru, Sabtu (4/5/2019).

Semua mahasiswa itu dinyatakan lulus usai dilantik secara satu persatu oleh jajaran manejemen dan petinggi kampus STP Riau.

Mereka berasal dari dua program studi yang terdapat di STP Riau yakni Manajemen Perhotelan, dan Manajemen Pariwisata.

Wisuda angkatan ke XI mahasiswa STP Riau juga dihadiri oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Kadis Pariwisata Riau, Fahmizal Usman, Dikti dan beberapa undangan lainnya.

Baca: Perjuangan Beratnya Antarkan Wanita Asal Kampar Ini Sandang Gelar Juara Dunia

Baca: Hilangkan Bopeng di Kulit dengan Laser CO2 Fractional

Ketua STP Riau Periode 2019/2023, Dr Ir Eni Sumiarsih MSc menjelaskan, lulusan STP Riau hampir 90 persen siap kerja di berbagai instansi, baik itu instansi pemerintah, perhotelan di berbagai daerah, dan tentunya beberapa hotel yang ada di Provinsi Riau.

"Ada juga di antara mereka yang sudah mulai punya usaha sebelum tamat. Karena dalam kurikulum yang kami rancang 60 persennya adalah praktek, dan 40 persennya teori. Kita juga merancang dua kali magang, pertama semester III magang tiga bulan, dan semester VIII itu magangnya enam bulan sembari menyelesaikan skripsi Sehingga selain mereka siap bekerja, mereka juga siap menjadi wirausahawan," ungkap Eni.

Eni mengaku, sebagai program pendidikan Vokasi, mahasiswa STP Riau diwajibkan lulus dalam waktu empat tahun semenjak pertama masuk kuliah.

Bahkan dengan segala upaya dan sistem pendidikan yang diterapkan STP Riau, membuat cukup banyak mahasiswa yang sudah diterima di perusahaan pada saat masih menjalankan proses magang.

Kata Eni, sampai saat ini STP Riau telah mencatak sekitar 250 orang lebih pada pendidikan vokasi tersebut.

Sementara setiap tahunnya, kampus yang berlokasi di Jalan Patimura Pekanbaru ini menerima sampai 100 orang mahasiswa pertahun untuk dua prodi.

Gubernur Riau, Drs Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, pada wisuda yang ke-9 STP Riau itu, adalah sebuah kebanggaan dan kebahagian bagi semua pihak terkait, terutama mahasiswa, menajemen dan orangtua mahasiswa khususnya.

"Nasib kita tidak tergantung kepada orangtua, tapi tergantung anda sendiri, jadi harus mandiri, bagaimana anda bisa menyesuaikan diri dengan tantangan, maju dan siap mengahadapi kemajuan," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Hendri Gusmulyadi)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved