Judo Riau Targetkan Ikut 6 Kejurnas Selama 2019 untuk Kumpulkan Poin PON

Sampai saat ini, judo Riau baru mengikuti satu kejurnas. Terdekat, ada kejurnas Kartika Cup yang juga menjadi ajang pengumpulan poin PON 2020.

Judo Riau Targetkan Ikut 6 Kejurnas Selama 2019 untuk Kumpulkan Poin PON
Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril
Judo Riau menargetkan ikut pada 6 kejurnas yang diagendakan PB PJSI selama 2019 ini. Seluruh kejurnas tersebut merupakan ajang mengumpulkan poin untuk lolos ke PON Papua tahun depan. 

tribunpekanbaru.com - Cabor judo akan mengikuti rangkaian Kejurnas tahun 2019 ini, yang menjadi ajang kualifikasi PON Papua tahun 2020 mendatang.

Dari rilis PB PJSI, tahun ini akan digelar 6 kejurnas yang bisa dimanfaatkan atlet untuk meraih poin. Dari total poin itulah nantinya akan ditentukan atlet yang lolos ke PON Papua tahun depan. Daerah yang akan menjadi tuan rumah 6 kejurnas tahun ini berbeda-beda.

Ketua Sabuk Hitam PJSI Riau, Margas Chan, Minggu (5/5) mengatakan, hingga kini judo Riau baru ikut satu Kejurnas di Jakarta, dari 6 Kejurnas yang disiapkan PB PJSI.

"Untuk kejurnas selanjutnya adalah Kartika Cup 2019 yang dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Rencananya Bulan Mei ini dilaksanakan. Makanya kita sudah siapkan atlet untuk diberangkatkan," papar Margas Chan.

Menurutnya, judo Riau wajib ikut Kartika Cup ini untuk menambah poin PON. Sebab sebelumnya pada Kejurnas Judo di Jakarta lalu, tim Riau sukses mengumpulkan poin maksimal setelah berhasil meraih medali emas.

"Agar makin banyak poin PON terkumpul, makanya kita wajib mengirim atlet full tim ke Kartika Cup nanti," tuturnya.

Saat ini judo Riau menyiapkan 20 atlet putra-putri untuk semua kelas yang ditandingkan di Kartika Cup. Termasuk lima atlet cadangan. Mereka kini sedang giat berlatih di Sport Center Rumbai, termasuk di Bulan Puasa.

"Kita tetap latihan di Bulan Puasa, hanya durasi latihan dikurangi karena atlet umumnya puasa. Apalagi kita mau turun di Kartika Cup, jadi atlet kita harus sudah siap tempur," tambah Margas.

Mengenai atlet yang ditargetkan lolos ke PON Papua tahun depan, Margas menyebut, dari 25 atlet termasuk 5 atlet cadangan yang disiapkan, pihaknya menargetkan meloloskan 10 atlet. Namun KONI Riau harus memberangkatkan judo Riau mengikuti 6 Kejurnas selama 2019 ini agar poin bisa tercapai.

"Kita baru ikut satu kali Kejurnas, menyusul satu lagi Kartika Cup. Artinya ada 4 Kejurnas lagi yang wajib disiapkan anggarannya oleh KONI Riau. Sehingga kita bisa realisasikan target tadi, termasuk target meraih emas di PON nanti," ungkapnya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved