Triwulan I Ekonomi Riau Tumbuh 2,88 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Senin (6/5/2019), kembali merilis sejumlah data statistik Riau. Satu di antaranya yakni perkembangan pereko

Triwulan I Ekonomi Riau Tumbuh 2,88 Persen
Tribun Pekanbaru/Hendri Gusmulyadi
Rilis data statistik Riau 2019 di kantor BPS Riau Jalan Patimura, Senin (1/4/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Senin (6/5/2019), kembali merilis sejumlah data statistik Riau. Satu di antaranya yakni perkembangan perekonomian.

Kepala BPS Riau, Aden Gultom dalam paparan rilis di Kantor BPS Riau Jalan Patimura Pekanbaru menjelaskan, triwulan I-2019 ekonomi Riau tumbuh sebesar 2,88 persen.

Terjadi hampir di seluruh lapangan usaha, terkecuali Pertambangan dan Penggalian yang mengalami kontraksi sebesar minus 3,56 persen.

Dari semua sektor usaha yang ada di Riau, Jasa lainnya menjadi lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi. Tercatat sebesar 8,39 persen, diikuti oleh Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 7,75 persen, dan Industri Pengolahan sebesar 6,31 persen.

"Struktur perekonomian Riau dari sisi produksi, triwulan I-2019 didominasi oleh tiga lapangan usaha utama yaitu Industri Pengolahan, pertambangan dan Penggalian, dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan," terang Aden Gultom.

BPS Riau melihat, pada triwulan I-2019 ini, struktur perekonomian Riau mengalami perubahan. Dimana pada triwulan yang sama tahun lalu, lapangan usaha yang mendominasi adalah Pertambangan dan Penggalian yang kini didominasi oleh Industri Pengolahan.

"Bahkan lapangan usaha Industri pengolahan merupakan sumber pertumbuhan tertinggi Riau sebesar 1,87 persen, diikuti Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 0,56 persen, Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 0,45 persen, dan Konstruksi sebesar 0,43 persen," kata Aden.

Data BPS Riau, pada saat acara rilis, menunjukkan, pada triwulan I-2019, ekonomi Riau terkontraksi minus 2,86 persen bila dibandingkan triwulan sebelumnya (triwulan IV) pada tahun 2018.

Penurunan ini diwarnai oleh faktor musiman pada lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan.

Selain itu, penurunan ini juga disebabkan oleh kontraksi yang terjadi pada beberapa lapangan usaha yang memiliki kontribusi besar, diantaranya Pertambangan dan Penggalian, Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor, dan Konstruksi.

Lanjut pada data lainnya, jika dilihat dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Riau triwulan I-2019 tercatat sebesar 2,88 persen.

Pertumbuhan terjadi pada seluruh komponen, kecuali komponen pengeluaran Ekspor Luar Negeri.

Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nonprofit yang Melayani Rumah Tangga (PK-LNPRT), merupakan komponen yang mengalami pertumbuhan tertinggi, yakni sebesar 14,23 persen, diikuti oleh Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 5,50 persen dan Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga sebesar 2,25 persen. (dri)

Penulis: Hendri Gusmulyadi
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved