Ramadan

Menunggu Berbuka dengan Berkuda di Masjid Al Falah Jalan Sumatera Pekanbaru

Masjid Al Falah Darul Muttaqin Jalan Sumatera, Pekanbaru menyiapkan beberapa ekor kuda untuk ditunggangi para jemaah selama bulan suci Ramadan.

Menunggu Berbuka dengan Berkuda di Masjid Al Falah Jalan Sumatera Pekanbaru
TRIBUNPEKANBARU/GURUH BUDI WIBOWO
Kuda yang disiapkan untuk ditunggangi oleh para jemaah dikandangkan di belakang Masjid Al Falah, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUNPEKANBARU, TRIBUN - Masjid Al Falah Darul Muttaqin Jalan Sumatera, Pekanbaru menyiapkan beberapa ekor kuda untuk ditunggangi para jemaah selama bulan suci Ramadan.

Diantara olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW ini bisa digeluti untuk mengisi waktu menunggu berbuka.

Sekretaris Pengurus Masjid Al Falah, Ali Hasyim Siregar mengatakan, olahraga berkuda dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan berkuda tersebut dilakukan di sekeliling kawasan masjid.

"Saat ini baru 2 ekor kuda yang datang, nanti akan ditambah hingga 5 ekor jika peminatnya banyak," ujar Ali Hasyim Siregar, Selasa (7/5/2019).

Ali Hasyim mengungkapkan, kuda-kuda tersebut didatangkan ke Masjid Al Falah berkat kerjasama dengan komunitas Pemuda Akhir Zaman (PAS).

Selain memanggang kuda, komunitas tersebut juga akan menyiapkan olahraga panahan.

Untuk orang dewasa yang ingin menunggang kuda, cukup menyiapkan uang sebesar Rp30 ribu. Sedangkan bagi anak-anak hanya ditarik biaya sebesar Rp20 ribu.

"Kalau untuk panahan sekitar Rp10 ribuan. Olahraga-olahraga ini merupakan olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah," ungkap Ali.

Setelah puas berkuda dan memanah, para jemaah bisa menikmati takjil gratis yang telah di siapkan oleh pengurus masjid untuk di santap sebagai pembuka puasa.

Selain takjil, masjid yang berada di Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru ini juga menyiapkan nasi kotak untuk umat muslim yang ingin berbuka di di Masjid Al Falah.

"Untuk takjil dan nasi kotak, masing-masing kami siapkan 200 pak. Bagi umat muslim yang ingin menikmati suasana berbuka di Masjid Al Falah silahkan datang pada saat memasuki jam berbuka," ujarnya.

Selain takjil, Masjid Al Falah juga menyiapkan moreh. Moreh atau makanan ringan ini disiapkan bagi jamaah yang telah mengikuti ibadah Salat Tarawih di Masjid Al Falah.

Dengan begitu, para jemaah bisa meninggalkan masjid dengan perut kenyang. Moreh tersebut kata Ali merupakan sedekah dari para jemaah sekitar masjid.

"Ada sekitar 500 pack moreh yang disiapkan sepanjang Ramadan," ujar Ali. (Tribunpekanbaru.com/guruh budi wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved