Inhu

Bupati Inhu Melarang Produksi, Penjualan dan Pembakaran Mercon atau Petasan Bulan Suci Ramadhan

Sesuai dengan imbauan dalam surat edaran itu, Kasatpol PP Inhu, Boby Rachmat meminta warga menghormati dan menjalankan imbauan tersebut.

Bupati Inhu Melarang Produksi, Penjualan dan Pembakaran Mercon atau Petasan Bulan Suci Ramadhan
Foto/net
Ilustrasi 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Yopi Arianto mengeluarkan surat edaran nomor 84/TP/V/2019 tentang himbauan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan. Sesuai dengan imbauan dalam surat edaran itu, Kasatpol PP Inhu, Boby Rachmat meminta warga menghormati dan menjalankan imbauan tersebut.

Di dalam surat edaran Bupati Inhu itu tujuh poin imbauan. Pertama senantiasa menjaga suasana kehidupan yang rukun dan damai serta saling hormat menghormati dalam setiap aktivitas yang ada.

Kedua memeriahkan dan meramaikan tempat-tempat ibadah (Masjid/Musholah), meningkatkan dan menggalakan amalan-amalan bulan suci Ramadhan sebanyak-banyaknya seperti tarawih, tadarus, infak sodaqoh dan zakat.

Ketiga mengatur dan menertibkan dengan sebaik-baiknya berbagai jenis usaha seperti rumah makan, tempat rekreasi, dan hotel agar tetap berjalan sesuai dengan fungsinya dan tidak dijadikan tempat maksiat.

Baca: Aksi Pencuri Kotak Infak di Rumah Makan Pondok Salero Pematang Reba Inhu Terekam CCTV

Keempat melakukan upaya antisipasi dan penertiban pada anak jalanan, gelandang, dan pengemis yang bermunculan selama bulan suci Ramadhan.

Kelima dilarang memproduksi, memperdagangkan, membakar, dan menyembunyikan mercon atau petasan dan hal-hal lain yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Keenam, dalam melaksanakan upaya penertiban dan pengaturan tersebut di atas maka hendaklah semua pihak saling berkoordinasi dengan aparat dan instansi terkait serta tokoh masyarakat setempat.

Ketujuh masyarakat dapat menyampaikan pengaduan pada nomor Whatsapp 085355622245, yang merupakan nomor hotline Trantibum Satpol PP Inhu.

Baca: Diduga Gelembungkan Suara Caleg PPP, Bawaslu Inhu Periksa Panitia Pemilih Kecamatan (PPK)

Terkait imbauan tersebut, Kasatpol PP Inhu, Boby Rachmat menerangkan pihaknya akan melaksanakan pemantauan dan patroli secara rutin bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan instansi lainnya.

"Kita berharap masyarakat dapat memaklumi dan menghormati surat edaran tersebut selama bulan suci Ramadhan. Apabila ada oknum masyarakat yang tidak megindahkan surat edaran tersebut dan mengganggu ketentraman dan ketertiban umum akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku," pungkas Boby. (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved