Rekapitulasi Suara KPU Dumai Tuntas, Prabowo-Sandi Jadi Pemenang

KPU Dumai menyelesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara pemilu. Dari hasil penghitungan, diketahui pasangan Prabow-Sandi unggul di Dumai.

Rekapitulasi Suara KPU Dumai Tuntas, Prabowo-Sandi Jadi Pemenang
tribun pekanbaru
Komisioner KPU dan Bawaslu Dumai foto bersama dengan perangkat pemilu lainnya, usai penutupan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Kota Dumai. 

tribunpekanbaru.com - Setelah berlangsung lebih dari seminggu, proses rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di KPU Dumai akhirnya selesai pada Selasa (7/5) malam lalu.

Disampaikan oleh Ketua KPU Dumai, Darwis, penghitungan suara berlangsung transparan. Penghitungan yang dilakukan oleh KPU Dumai disaksikan oleh sejumlah stakeholder terkait.

Dari hasil penghitungan suara, kontestasi lima tahunan itu di Dumai dimenangkan oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, dengan jumlah suara mencapai 92.373 suara.

Sedangkan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Jokowi dan Ma'ruf Amin memperoleh suara dengan jumlah 66.334 suara.

Perolehan suara tersebut dihitung dari total 160.618 suara yang mengikuti pemilihan umum pada Pemilu Serentak 2019 di Kota Dumai, April lalu.

"Alhamdulillah, rapat pleno rekapitulasi suara berlangsung transparan di Kota Dumai dari awal hingga selesai," ungkap Darwis.

Dia menyebutkan, hasil rekapitulasi suara tersebut akan segera dibawa ke KPU Provinsi Riau di Pekanbaru, untuk kembali di pleno kan di tingkat Provinsi Riau.

"Insya Allah besok pagi (hari ini) sudah mulai pleno tingkat provinsi di Pekanbaru jika tak ada halangan. Ini saya sedang di jalan untuk menghadiri rapat pleno tersebut," paparnya saat dihubungi kemarin.

Darwis mengimbau agar seluruh masyarakat bisa menerima hasil penghitungan suara tersebut dengan lapang dada.

"Bagaimanapun prosesnya kan sudah kita lalui tahapan per tahapan, sesuai aturan berlaku dan dengan cara terbuka disaksikan oleh semua orang juga," kata Darwis. (mad)

Penulis: Syahrul
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved