Pupus Sudah Harapan KONI untuk Dapat Bantuan dari Swasta

Persiapan kontingen Riau menghadapi PON 2020 Papua tak lagi bisa mengharapkan bantuan swasta. KONI kini hanya bisa berharap pada APBD Perubahan 2019.

Pupus Sudah Harapan KONI untuk Dapat Bantuan dari Swasta
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Ekspektasi tinggi KONI Riau untuk mendapatkan bantuan dari pihak swasta, agar membantu persiapan Porwil dan Kejurnas Pra PON Riau, nampaknya pupus dan jauh dari harapan. Baik itu bantuan anggaran maupun bantuan sarana dan prasarana lainnya.

Ini setelah adanya pernyataan Gubernur Riau, Syamsuar, yang menyebutkan bahwa dunia usaha belakangan ini tidak bisa diharapkan lagi untuk bantuan anggaran. Apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini yang sulit, ditambah lagi sebagian perusahaan ada juga membantu olahraga di luar binaan KONI Riau.

"Memang kemarin ada dua opsi, lewat APBD-Perubahan 2019 dan bantuan perusahaan. Kalau APBD-P, kita menunggu lah karena pembahasannya paling cepat September. Nah untuk bantuan dari perusahaan, itu kecil kemungkinannya. Apalagi Pak Gubernur sudah menyebutkan seperti itu," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Kamis (9/5) menjawab Tribun.

KONI Riau sebenarnya sangat mengharapkan bantuan anggaran dari para pihak swasta yang banyak beroperasi di Riau. Harapan ini tentunya melalui Gubernur Riau, dengan memanggil perusahaan yang ada agar berpartisipasi.

Tak dipungkiri, di Provinsi Riau banyak perusahaan berskala nasional bahkan internasional yang beroperasi. Seperti RAPP, IKPP, Chevron, puluhan perusahaan sawit, Indofood, perbankan, dan lainnya.

Sebelumnya KONI Riau sudah mengeluarkan imbauan agar pihak swasta tersebut mau membantu persiapan Porwil dan Pra PON Riau. Namun imbauan itu belum ada yang berbuah hasil.

"Mudah-mudahan jelang hari H, ada perusahaan mau membantu. Karena kita dari KONI juga sudah ada yang lakukan pembicaraan dengan satu dua perusahaan. Mudah-mudahan berhasil," harap Emrizal.

Saat ini, KONI Riau memiliki anggaran Rp20 miliar untuk persiapan Porwil dan Kejurnas Pra PON, yang digelar tahun 2019 ini. Jumlah ini tak memadai, sehingga KONI mengusulkan tambahan sebesar Rp9 miliar lagi ke Pemprov Riau. Namun usulan tersebut belum pasti direalisasikan. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved