Ramadan

Simbol Religius Masyarakat Kuansing, Masjid Agung Masuk Dalam 100 Masjid Termegah di Indonesia

Masjid Agung Kuantan Singingi menjadi yang megah menjadi ikon dan sekaligus simbol religius masyarakat Kuansing.

Simbol Religius Masyarakat Kuansing, Masjid Agung Masuk Dalam 100 Masjid Termegah di Indonesia
TRIBUNPEKANBARU/DIAN MAJA PALTI SIAHAAN
Masjid Agung Kuantan Singingi berdiri megah di Jalan Proklamasi, Jumat (10/5/2019). Masjid ini masuk dalam 100 masjid termegah di Indonesia. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TALUK KUANTAN - Masjid Agung Kuantan Singingi menjadi yang megah menjadi ikon dan sekaligus simbol religius masyarakat Kuansing. Namun pengurus masjid saat ini mengeluh akan uluran tangan pemerintah.

Menjadi pusat kegiatan agama Islam di kabupaten tersebut, masjid ini ternyata masuk dalam kategori 100 masjid termegah dan terindah di Indonesia.

Bila kita datang dari arah Pekanbaru dan memasuki Kota Teluk Kuantan, selain disambut dengan Tugu Carano, Masjid Agung juga akan menyambut kita.

Masjid ini sangat mencolok. Baik dari sisi bangunan, warga dan luas bangunan. Berada di Jalan Proklamasi, Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan, letak masjid ini sangat strategis, tepat di persimpangan menuju kota, sport center ke Kiliran Jao dan menuju komplek perkantoran Pemkab Kuansing.

Masjid ini mulai berdiri sejak 2010 lalu di lahan seluas 32.000 meter persegi. Kapasitasnya bisa menampung 2.200 jemaah. Bangunan masjid didominasi warna hijau dan kuning.

Kemegahan lain dapat dilihat dari bentuk bangunan yang besar dan kubah yang mengadopsi gaya Timur Tengah.

Kubah berwarna hijau cerah dengan aksen grafis yang umum diterapkan pada masjid-masjid di Provinsi Riau.

Karena kemegahan itu, masjid ini pun masuk dalam 100 masjid megah di Indonesia. Penilaian langsung dari Tim Kementerian Agama (Kemenag).

"Masjid Agung kita ini memang masuk dalam 100 masjid termegah dan terindah di Indonesia. Ada SK dari Kemenag penilaiannya," kata Yusri Rasul, pengurus Masjid Agung Kuantan Singingi, Jumat (10/5/2019).

Asisten II Pemkab Kuansing Wariman juga mengatakan hal yang sama. Bahkan ia menambahkan, "Mama Dedeh sudah pernah ceremah di Masjid Agung itu," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved