Sport

Tetapkan 36 Atlet Masuk TC Berjalan Jelang Pra PON Taekwondo, Pelatih Janjikan Tim Siap Tempur

Jajaran pelatih Pelatda PON Taekwondo Riau, sudah melakukan seleksi atlet yang akan menghuni markas Pelatda atau training camp (TC) skuad taekwondo.

Tetapkan 36 Atlet Masuk TC Berjalan Jelang Pra PON Taekwondo, Pelatih Janjikan Tim Siap Tempur
Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi
Atlet taekwondo Riau hasil seleksi untuk Pra PON saat latihan di markas Pelatda Taekwondo Riau di Pekanbaru, Kamis petang (9/5/2019) kemarin. 

Tetapkan 36 Atlet Masuk TC Berjalan Jelang Pra PON Taekwondo, Pelatih Janjikan Tim Siap Tempur

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jajaran pelatih Pelatda PON Taekwondo Riau, sudah melakukan seleksi atlet yang akan menghuni markas Pelatda atau training camp (TC) skuad taekwondo.

Dari 43 atlet yang mengikuti seleksi yang digelar di Stadion Mini Unri Panam, belum lama ini, jajaran pelatih menetapkan sebanyak 36 atlet, yang dinyatakan layak masuk TC.

"Seleksi ini berdasarkan keputusan jajaran pelatih dan izin Ketua Taekwondo Riau sabanim A Tambi serta pengurus lainnya. Jumlah 36 atlet tersebut masih status TC berjalan atau masih tahap tim 200 persen. Evaluasi para atlet ini akan dilakukan bertahap hingga didapatkan tim inti seratus persen," kata Pelatih Tim Pelatda Taekwondo Riau Joni Saputra, Jumat (10/5/2019) kepada Tribunpekanbaru.com.

Baca: Muzdalifah Kesal, Banyak Wanita Kirim DM ke Instagram Fadel Islami, Saya dan Suami Sudah Resmi

Dijelaskan, tahapan seleksi hingga penetapan skuad inti akan terus digelar, melalui latihan secara berkala oleh jajaran pelatih, di basecamp Pelatda Taekwondo di Pekanbaru. Pada akhir Bulan Juni nanti, akan dilaksanakankan seleksi tahap kedua.

Atlet taekwondo Riau hasil seleksi untuk Pra PON saat latihan di markas Pelatda Taekwondo Riau di Pekanbaru, Kamis petang (9/5/2019) kemarin.
Atlet taekwondo Riau hasil seleksi untuk Pra PON saat latihan di markas Pelatda Taekwondo Riau di Pekanbaru, Kamis petang (9/5/2019) kemarin. (Tribun Pekanbaru/Syafruddin Mirohi)

"Jadi, latihan berkala yang kita gelar sifatnya terukur. Seperti pada Kamis (9/5) kemarin, para atlet tetap latihan sesuai program yang diusung pelatih. Rencananya, Sabtu (besok), para atlet kita geber latihan fisik lagi di Stadion Mini Unri Panam," tambah Joni yang diamini pelatih Pelatda lainnya.

Lebih lanjut dipaparkan, bahwa seleksi yang digelar pihaknya untuk tim Pra PON kali ini, benar-benar murni sesuai kualitas yang dibutuhkan. Bahkan sebelum seleksi dilakukan, pihaknya sudah melayangkan surat ke kabupaten/kota, agar Pengcab/Pengkot Taekwondo daerah tersebut, mengirimkan atletnya untuk diseleksi.

"Kami pelatih akan bekerja on the track dan tidak mau diintervensi dalam penetapan skuad ini. Sebab, PR kami untuk Pra PON ini, harus bisa membentuk tim siap tempur di Pra PON, demi tiket ke PON di Papua. Tentunya bisa mempersembahkan lagi medali emas bagi skuad Lancang Kuning," tegasnya.

Hingga kini penunjukkan tuan rumah Pra PON cabor taekwondo belum ditetapkan, meski Munas PB TI sudah digelar.

Ketua Pengprov TI Riau H A Tambi menjelaskan, berdasarkan hasil keputusan PB TI, bahwa penetapan tuan rumah Pra PON taekwondo, bersamaan saat digelarnya Rakernas Taekwondo di Depok, pada Juli 2019 mendatang, atau usai Lebaran Idul Fitri.

Baca: Intip Ramalan Zodiak Besok Sabtu 11 Mei 2019, Sagitarius Lagi Kecewa, Scorpio Menangkan Hati Kekasih

Pengprov TI Riau sendiri kata Tambi, akan mengusulkan pelaksanaan Pra PON dibagi dalam tiga zona. "Kita sarankan dibagi 3 zona yakni zona timur (pulau Kalimantan, Sulawesi, Papua), zona tengah (pulau Jawa dan sekitar) serta zona barat (Pulau Sumatera). Usulan ini sudah banyak disetujui pengurus daerah lain," katanya.

Pembagian zona ini dipastikan menguntungkan semua daerah. Sebab, akan bisa lebih banyak meloloskan atletnya pada Pra PON tersebut. Dengan demikian, harapan untuk dapat banyak tiket ke PON 2020 di Papua, sangat terbuka lebar. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Saksikan juga berita video menarik Tribun Pekanbaru dengan subscribe ke channel YouTube Tribunpekanbaru.com:

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved