Ramadhan 1440 H

Berapa Bayar Zakat Fitrah? Ini Niat Zakat Fitrah, Syarat Wajib Zakat & Yang Berhak Menerima Zakat

Siapa yang berhak menerima Zakat fitrah? berapa jumlah zakat fitrah? apa niat zakat fitrah? dan apa syarat wajib zakat fitrah?

Berapa Bayar Zakat Fitrah? Ini Niat Zakat Fitrah, Syarat Wajib Zakat & Yang Berhak Menerima Zakat
Tribunpekanbaru
ilustrasi zakat fitrah 

Berapa Bayar Zakat Fitrah? Ini Niat Zakat Fitrah, Syarat Wajib Zakat & Yang Berhak Menerima Zakat

TRIBUNPEKANBARU.COM - Zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang lima, merupakan kewajiban yang sudah ditetapkan bagi yang sudah terpenuhi syarat-syaratnya.

Rukun Islam dan rukun Iman yang sudah jelas sekalipun harus dilaksanakan dengan syarat dan rukun yang juga ditetapkan syariat, termasuk dalam pelaksanaan zakat.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci bagi orang yang berpuasa dari kata-kata tak berguna dan kotor, serta sebagai makanan bagi orang-orang miskin.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk menyumbangkan satu sha’ kurma dan atau sha’ gandum ke sesama muslim yang membutuhkan.

Dikutip dari laman resmi NU, satu sha’ sama dengan 2,4 kilogram kurma.

Di Indonesia mungkin kamu akan merasa kesulitan untuk mendapatkan kurma. Akhirnya para ulama pun sepakat untuk menggantinya dengan makanan pokok di Indonesia, di mana salah satunya adalah beras. Besarannya pun sekitar 2,5 kilogram atau 3,5 liter per orang.

Bila membayar dengan uang, dilansir dari situs Dompet Dhuafa, pandangan ulama pun terbagi menjadi tiga, beberapa ulama ada yang mengatakan bahwa hal itu dilarang, kemudian beberapa mengatakan boleh, dan beberapa lagi menyebutkan boleh kalau ada kemaslahatan.

Atas pertimbangan tersebut, maka umat muslim diperbolehkan untuk membayar zakat fitrah dengan uang. Kalau membayar dengan uang, tinggal disesuaikan saja besarannya dengan harga 2,5 kilogram

Artinya untuk harga satu kilo beras Rp 12.000 maka dikalikan 2,5 kilogram beras maka harus membayar Rp 30.000.

Siapa yang berhak menerima ? 

Halaman
1234
Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved