Olahraga Selama Menjalani Puasa Cocok untuk Program Diet

Instruktur Senam, Ns M Muzakir Fahmi, SKep, MKM mengemukakan, berolahraga saat menjalani puasa justru menguntungkan bagi mereka yang sedang diet.

Olahraga Selama Menjalani Puasa Cocok untuk Program Diet
tribun pekanbaru
Senam aerobik saat menjalani puasa membuat tubuh tetap bugar. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Banyak orang beranggapan olahraga pada bulan puasa sebaiknya dihindari.

Karena hal itu akan menghabiskan energi tubuh. Sehingga membuat tidak sanggup menahan lapar dan haus sampai waktu berbuka puasa.

Anggapan ini ditepis oleh Instruktur Senam, Ns M Muzakir Fahmi, SKep, MKM. Dia mengemukakan, berolahraga saat menjalani puasa justru menguntungkan bagi mereka yang sedang diet atau program menurunkan berat badan.

"Puasa justru bagus untuk mereka yang lagi menjalankan program menurunkan berat badan. Apalagi buat cowok yang lagi membentuk muscle (otot). Pembentukannya otot akan lebih cepat," tutur Fahmi saat ditemui, Rabu (8/5/2019) malam.

Fahmi mengatakan, prinsip diet adalah berpuasa. Bagi mereka yang sedang diet, sudah terbiasa berpuasa.

Setidaknya mengatur pola makan. Saat berpuasa, meski bukan dalam Bulan Ramadhan, latihan kebugaran untuk mendapatkan tubuh ideal tetap dilakukan.

"Jadi nggak ngaruh. Secara intensitas, latihan di bulan puasa sama aja dengan hari-hari biasa," ujar Fahmi.

Ia menjelaskan, berolahraga dianjurkan tiga jam setelah makan maupun sebelum makan.

Jika teori di atas diterapkan dalam Bulan Puasa, olahraga dapat dilakukan 3 jam setelah Sahur dan 3 jam sebelum waktu Berbuka.

"Olahraga setelah Sahur membakar kalori yang berlebih. Sedangkan sebelum Berbuka, untuk menyeimbangkan asupan kalori saat Berbuka," kata master kesehatan yang mengangkat tesis tentang olahraga ini.

Halaman
12
Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved