Tahanan Rutan Siak Rusuh

Diduga Pemukulan Oknum Petugas Rutan Siak Jadi Pemicu Kerusuhan, Ini Tanggapan Kemenkumham Riau

Tapi kalau memang tindakan itu dilakukan diluar SOP, pasti ada sanksinya. Nanti akan melalui proses, sesuai PP 53. Akan kita lakukan pengembangan

Diduga Pemukulan Oknum Petugas Rutan Siak Jadi Pemicu Kerusuhan, Ini Tanggapan Kemenkumham Riau
Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir
Sebanyak 79 napi dari Rutan Klas II B Siak saat tiba di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Sabtu (11/5). Pasca kerusuhan yang terjadi di Rutan Kelas II B Siak membuat para tahanan dan napi dipindahkan kebeberapa rutan dan lapas yang ada di Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-M. Diah, selaku Kepala Kanwil atau Kakanwil Kemenkumham Provinsi Riau angkat bicara soal dugaan adanya aksi pemukulan oleh petugas Rutan Klas II B Siak.

Diduga ada tindakan tak terpuji oleh oknum petugas Rutan tersebut yang menjadi pemicu terjadinya kerusuhan di Rutan Siak yang dilakukan oleh Napi dan tahanan, Sabtu (11/5/2019) dini hari.

"Siapa pun petugas kita yang melakukan tindakan di luar batas yang diluar SOP, pasti ada sanksi hukumnya, perlu pemeriksaan lebih lanjut," kata M. Diah.

Dia melanjutkan, dalam konteks ini, hal ini terjadi dalam rangka pengembangan untuk mengetahui peredaran narkoba, terkait salah seorang Napi wanita yang dilakukan pemeriksaan.

Baca: UPDATE 14 Orang Napi dan Tahanan Rutan Siak Belum Ditemukan, Data Diri Sulit Karena File Terbakar

Baca: Meski Over Kapasitas, Rutan Klas II B Pekanbaru Terima 130 Napi & Tahanan Pindahan Dari Rutan Siak

"Jadi kita dalam rangka pengembangan mengetahui jalur narkoba. Sehingga kalau ada tindakan-tindakan diluar batas, itu sesungguhnya teknik bagaimana untuk mengetahui," terang dia.

"Tapi kalau memang tindakan itu dilakukan diluar SOP, pasti ada sanksinya. Nanti akan melalui proses, sesuai PP 53. Akan kita lakukan pengembangan," sebut M Diah lagi.

Disinggung soal gudang senjata yang diduga dibobol para Napi dan tahanan, M. Diah menuturkan, memang ada informasi seperti itu.

"Tapi tidak ada senjata yang sekarang ini, secara keseluruhan, sebahagian masih bisa diamankan. Kalau memang tadi bisa mereka (Napi dan tahanan) kendalikan (senjata) kita khawatirnya akan terjadi hal yang tidak kita inginkan. Yang penting sampai saat ini tidak ada korban," urainya.

Baca: FOTO : Napi Rutan Siak Dievakuasi Ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru

Baca: VIDEO: Rutan Siak Rusuh Hingga Terbakar, Kapolda Riau Turun Tinjau Lokasi Kejadian

Ratusan Napi dan tahanan di Rutan Siak ini dibeberkan M. Diah, akan dipindahkan ke Rutan Pekanbaru, Rutan Rengat, dan Lapas Bengkalis.(Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved