Tahanan Rutan Siak Rusuh

Menkumham Yasonna Laoly Dijadwalkan Tinjau Rutan Siak Hari Ini

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dijadwalkan datang ke Siak, Senin (13/5/2019) ini.

Menkumham Yasonna Laoly Dijadwalkan Tinjau Rutan Siak Hari Ini
TribunPekanbaru/Mayonal
Bangunan Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura menyisakan puing-puing pasca-kerusuhan, Sabtu (11/5/2019) pagi. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dijadwalkan datang ke Siak, Senin (13/5/2019) ini.

Kunjungan itu untuk meninjau keadaan Rutan Kelas II B Siak. Ia dan rombongan beserta Gubernur Riau Syamsuar dan rombongan dijadwalkan tiba di Siak pukul 10.00 WIB.

Yasonna Laoly terbang dari Pekanbaru menggunakan helikopter. Ia mendarat di landasan helikopter DPRD Siak pukul 10.00 WIB dan langsung menuju Rutan Kelas IIB Siak.

"Ya besok Mentri Hukum dan HAM Pak Yasonna Laoly meninjau Rutan Siak. Kami besok bersama-sama dari Pekanbaru," kata Gubernur Riau, Syamsuar.

Di dalam rundown acara, Yasonna Laoly hanya dijadwalkan lebih kurang 2 jam di Siak. Setelah meninjau Rutan Siak, ia langsung memberikan arahan kepada seluruh pegawai Rutan dan menggelar konferensi pers.

Baca: 10 Tahanan Masih Berkeliaran Pasca Rusuh Rutan Siak, Ini Data Lengkap yang Sudah & Belum Dievakuasi

Baca: Warga Ikut Bantu Polisi Cari Napi Rutan Siak Riau yang Lepas, Sisir Hutan dan Semak, 10 Masih Hilang

Baca: Pasca Kerusuhan, 45 Warga Binaan Rutan Siak Dititip ke Lapas Bengkalis, Disebar ke Seluruh Kamar

Sebanyak 79 napi dari Rutan Klas II B Siak saat tiba di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru,  Sabtu (11/5). Pasca kerusuhan yang terjadi di Rutan Kelas II B Siak membuat para tahanan dan napi dipindahkan kebeberapa rutan dan lapas yang ada di Riau.
Sebanyak 79 napi dari Rutan Klas II B Siak saat tiba di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Sabtu (11/5). Pasca kerusuhan yang terjadi di Rutan Kelas II B Siak membuat para tahanan dan napi dipindahkan kebeberapa rutan dan lapas yang ada di Riau. (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)

Namun demikian, jika masih tersisa waktu, ia dan rombongan bakal membezuk Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jailani, korban penembakan Narapidana di malam kerusuhan, di RSUD Tengku Rafian Siak.

Menurut Syamsuar, kehadiran Yasonna Laoly bukti perhatian dan tanggungjawab pemerintah pusat terhadap kejadian di Rutan kelas IIB Siak.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar akan membahas pemanfaatan lahan yang sudah dihibahkan Pemkab Siak ke Kemenkum HAM sejak 2018 lalu.

Bangunan Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura menyisakan puing-puing pasca-kerusuhan, Sabtu (11/5/2019) pagi.
Bangunan Rutan Kelas IIB Siak Sri Indrapura menyisakan puing-puing pasca-kerusuhan, Sabtu (11/5/2019) pagi. (TribunPekanbaru/Mayonal)

"Ya Pemkab Siak sudah lama menyediakan lahan untuk pembangunan baru Rutan Siak, sejak sewaktu saya menjabat sebagai Bupati Siak dulu," kata Syamsuar.

Lahan tersebut sudah lama diserahkan kepada Kanwil Hukum dan HAM yang lama. Makdud hibah tanah itu supaya dibangunnya Rutan Siak yang baru.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved