Berita Riau

Kemenkumham Riau Bentuk Tim Khusus untuk Periksa Indikasi Pelanggaran Petugas Rutan

Kanwil Kemenkumham Riau sudah membentuk tim khusus, guna melakukan pemeriksaan internal mendalami kasus kerusuhan yang terjadi di Rutan Klas IIB Siak.

Kemenkumham Riau Bentuk Tim Khusus untuk Periksa Indikasi Pelanggaran Petugas Rutan
TribunPekanbaru/mayonal putra
Tim Forensik Polda Riau (INAFIS) dan Polres Siak melakukan olah tempat kejadian perkara di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Siak Sri Indrapura, Minggu (12/5/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Riau sudah membentuk tim khusus, guna melakukan pemeriksaan internal mendalami kasus kerusuhan yang terjadi di Rutan Klas II B Siak, pada Sabtu dini hari lalu.

Hal ini dibeberkan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, M. Diah saat diwawancarai usai kegiatan tabligh akbar, dzikir, muhasabah, dan doa bersama petugas dan warga binaan di Lapas Klas II A Pekanbaru, Selasa (14/5/2019) siang.

"Tim sudah dibentuk, untuk kasus di Siak. Tinggal menunggu momentumnya saja," tegas M. Diah.

Lanjut Diah, tim akan melakukan serangkaian SOP pemeriksaan. Terkait indikasi atau dugaan pelanggaran yang dilakukan petugas Rutan.

"Tentulah melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Berita Acara Pendapat, setelah itu tim mengevaluasi," ungkapnya.

Baca: Angkutan Darat Lebih Terjangkau, Dishub Riau Prediksi Pemudik Pakai Bus Meningkat

Baca: Tak Serahkan LHKPN, Caleg Bisa Batal Dilantik

"Apakah ini sudah memenuhi unsur aturan PP 53. Nanti baru ditentukan sanksi disiplin ringan, sedang atau berat," lanjutnya.

Untuk tim khusus ini disebutkan Diah, terdiri dari Divisi Unsur Kepegawaian Kantor Wilayah, Divisi Pemasyarakatan, dan Kantor Imigrasi Siak.

Diah menyatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu aparat dari Polres Siak, selesai melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah petugas Rutan, napi dan tahanan.

Baca: Satu Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu di Rohil Dihentikan, Ini Alasannya

"Kita tunggu dulu sampai selesai di Polres, pemeriksaan internal pasti kita lakukan. Sesuai dengan aturan PP 53 kita lihat nanti bagaimana pelanggaran yang mereka (petugas Rutan) lakukan," ucapnya.

Diah meyakinkan, dia tak akan membiarkan begitu saja para petugas Rutan, jika memang sampai terbukti melakukan pelanggaran.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved