Ramadan

Masjid Tua dengan 6 Menara, Sisi Unik Masjid Peninggalan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah

Selain menjadi masjid tertua di Kota Pekanbaru dan penuh dengan sejarah, Masjid Raya di Senapelan juga masjid yang unik.

Masjid Tua dengan 6 Menara, Sisi Unik Masjid Peninggalan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Masjid tertua di Pekanbaru yakni Masjid Raya Senapelan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Selain menjadi masjid tertua di Kota Pekanbaru dan penuh dengan sejarah, Masjid Raya di Senapelan juga masjid yang unik.

Sebab, di dalam bangunan masjid peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura ini terdapat 6 menara.

Berwarna putih kombinasi hijau dan kuning emas, sekilas keenam menara tersebut tampak seperti tiang penyangga bangunan.

Namun, menara-menara tersebut menjulang selayaknya menara yang dibangun di luar bangunan seperti pada masjid pada umumnya.

Ketua Pengurus Masjid Raya, Amrul Mukhtar menjelaskan, keenam menara yang berada di dalam bangunan masjid sebenarnya adalah tiang asli dari bangunan lama Masjid Raya.

Pascadirevitalisasi pada 2009 lalu, sebagian besar kontruksi asli masjid dirubuhkan. Selain tiang, bangunan masjid yang masih dipertahankan yaitu pintu gerbang.

Namun, tiang-tiang asli masjid peninggalan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah di abad ke-18. Sebenarnya ada 26 tiang yang dipertahankan pada saat dilakukan revitalisasi saat itu untuk mempertahankan untaian sejarahnya.

Sedangkan 6 tiang yang saat ini berupa menara, sebelum direvitalisasi merupakan tiang penyangga tengah masjid atau soko guru bangunan.

Agar tampak indah, keenam tiang tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi menara, lengkap dengan kubahnya.

Amrul Mukhtar mengatakan, setiap bulan suci Ramadan, masjid tua ini kerap menggelar berbagai kegiatan.

Mulai dari kultum seusai salat 5 waktu, masjid ini juga kerap mendatangkan ulama dari Timur Tengah sebagai imam pada saat Salat Tarawih.

"Ramadan tahun ini kami menghadirkan 2 syekh dari Timur Tengah, Mesir dan Yaman," ujarnya.

Selain sebagai pusat syiar Islam di Senapelan, masjid bersejarah ini juga kerap menggelar kegiatan-kegiatan sosial. Kegiatan sosial tersebut terdiri dari menyediakan ratusan porsi takjil selama Ramadan dan juga menyantuni puluhan anak yatim.

"Dalam waktu dekat ini, Masjid Raya akan menyalurkan bantuan kepada 20 anak yatim," ujar Amrul. (Tribunpekanbaru.com/guruh budi wibowo)

Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved