Dinkes Pekanbaru Imbau Warga Waspadai Sejumlah Gejala Cacar Monyet

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengajak masyarakat diimbau untuk mewaspadai penyebaran monkeypox atau cacar monyet.

Dinkes Pekanbaru Imbau Warga Waspadai Sejumlah Gejala Cacar Monyet
Foto/Istimewa
PEMINDAI - Seorang petugas sedang mengoperasikan alat thermal scanner guna memeriksa para penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Alat thermal scanner tubuh ini dipasang guna mencegah masuknya virus cacar monyet ke Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengajak masyarakat diimbau untuk mewaspadai penyebaran monkeypox atau cacar monyet.

Ada sejumlah gejala monkeypox yang perlu diwaspadai.

Gejala dimulai dengan demam, sakit kepala dan nyeri otot, lalu ada pembengkakan kelenjar getah bening dan rasa lelah yang diikuti oleh ruam yang membentuk lepuh dan kerak.

Waktu dari paparan hingga timbulnya gejala adalah sekitar sepuluh hari.

Durasi gejala biasanya dua sampai lima minggu.

"Masyarakat yang menderita demam dan timbul ruam di kulit disertai gejala lain agar segera melapor. Lalu berobat ke fasilitas kesehatan terutama ke puskesmas," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi kepada Tribun, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya, saat ini belum ada laporan ditemukan kasus monkeypox di Pekanbaru, namun masyarakat punya langkah agar terhindar dari penyakit langka ini.

Maisel menyebut bahwa upaya pencegahan dengan membiasakan perilaku hidup bersih, sebab virus ini dapat menular dari hewan ke manusia.

Kemudian biasakan mencuci tangan dengan sabun. Masyarakat juga diimbau untuk konsumsi makanan bergizi.

"Namun masyarakat tidak perlu resah ataupun panik. Bagi yang tidak punya agenda penting ke luar negeri, sebaiknya tunda dulu," imbaunya.(*)

Penulis: Fernando
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved